KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X MATERI PLSV DAN PTLSV

Authors

  • Tri Cici Franciska IKIP PGRI Pontianak
  • Iwit Prihatin IKIP PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Konsentrasi Belajar, PLSV Dan PTLSV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di SMK Negeri 01 Sadaniangâ€. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian study khasus yang bertujuan untuk menganalisis data berbagi fenomena-fenomea yang menjadi subjek penelitian. Peneliti memberikan pernyataan dalam bentuk angket dan tes yang tertrukstur kemudian data dianalisis secara kualitaitf deskriptif untuk mengetahui kebenaran yang terdapat pada lokasi penelitian. Data diperoleh dari hasil angket, tes, dan wawancara siswa, subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X Multimedia SMK Negeri 01 Sadaniang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: siswa pada kategori konsentrasi belajar tinggi dapat memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, siswa pada kategori konsentrasi belajar sedang memenuhi sebagian indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, dan siswa pada kategori konsentrasi belajar rendah belum mampu memenuhi  indikator kemampuan pemahaman konsep matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahani, K., Effendi, K., N,S, & Munandar, D., R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Pada Materi Statistika Dasar. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(1), 215–224.

Effendi, K., N,I. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus Dan Balok. Journal In Mathematics Learning And Education, 2(2), 87–94.

Fajar, A., P., Koridun, Suhar, & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239.

Haryadi, H. (2017). Efektifitas Strategi Pengajaran Edutainment Dengan Metode Picture And Picture Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan Pada Siswa Kelas VII MTs Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 81–98.

Risnawati, M., & Hutagaol, A., S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4 (1), 91-105.

Setyani, R., M., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 73–84.

Yanti, R., N., Melati, A., S., & Zanty, I., S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Cendikia Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219.

Yulia, P., & Navia, Y. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 100–105.

Yuliani, E., N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.

Zuldafiral. (2011). Penelitian Kualitatif. STAIN Pontianak Press

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Franciska, T. C., Prihatin, I., & Saputro, M. (2023). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X MATERI PLSV DAN PTLSV. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(1), 9–18. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JIPP/article/view/5321