ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DIKELAS 8

Penulis

  • Laras Ayu Lestari Ikip Pgri Pontianak

Kata Kunci:

Keywords, Mathematical Representation, Sequences and Series, Learning Styles.

Abstrak

Abstract: This study aims to describe the ability of mathematical representation in the material for sequences and series in terms of the learning styles of students in class 8 MTS AL-MA'ARIF Pontianak Academic Year 2022/2023. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The method used is a learning style questionnaire, mathematical representation test, and interviews. The subjects in this study were 6 students consisting of 2 visual learning style students, 2 auditory learning style students, 2 kinesthetic learning style students. The results of this study indicate that (1) the mathematical representation abilities of subjects who have a visual learning style are less able to solve problems (2) the mathematical representation abilities of subjects who have an auditory learning style are almost able to solve all questions correctly (3) the mathematical representation abilities of subjects who have kinesthetic learning style has not been able to solve all the problems.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ramadhana, B. R., Prayitno, S., Wulandari, N. P., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 46-59.

Haviz, M. (2020). Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.

Windasari, I. Y., Prasetyowati, D., & Shodiqin, A. (2020). Analisis pemahaman konsep berdasarkan teori apos pada materi barisan geometri di kelas XI SMA Negeri 1 Godong. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 417-427.

Gustiati, M. (2017). Profil kemampuan penalaran matematis dalam pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Sari, L. R. N. (2017). Kemampuan Generalisasi Pola Matematis Dengan Pendekatan Saintifik Atau Observation Based Learning (OBL) Pada Siswa Kelas X Jasa Boga 1 SMKN 3 Purworejo Materi Barisan dan Deret Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).

ERNI, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction (Arcs) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Di Tinjau Dari Adversity Quontient Peserta Didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Maryati, I., & Monica, V. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 333-344.

Wahab, A., Junaedi, S. P., Efendi, D., Prastyo, H., PMat, M., Sari, D. P., ... & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rustam, R., Fitriawan, D., & Zubaidah, Z. (2021). Kemampuan koneksi dan representasi matematis serta cara pembelajaran matematika di SMA. JURNAL e-DuMath, 7(2), 81-92.

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751-765.

Setyawati, R. D., Tasya, R. A., & Prasetyowati, D. (2022). Analisis kemampuan repesentasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar. JIPMat, 7(1), 108-11

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-18

Cara Mengutip

Lestari, L. A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DIKELAS 8. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(2), 7–14. Diambil dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JIPP/article/view/6195