This is an outdated version published on 2024-02-21. Read the most recent version.

APLIKASI MOLEMATH TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 7 BATU AMPAR

Authors

  • Muhammad Assobirin IKIP PGRI PONTIANAK
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI PONTIANAK
  • Hartono Hartono IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Molemath, HOTS, Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi Molemath terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 7 Batu Ampar yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Batu Ampar sebanyak 22 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal pre-test posttest. Hasil penelitian diperoleh bahwa kevalidan media pembelajaran aplikasi Molemath terhadap HOTS dalam materi bentuk aljabar dikategorikan sangat valid, kepraktisan media pembelajaran aplikasi Molemath terhadap HOTS dalam materi bentuk aljabar dikategorikan sangat praktis, dan media pembelajaran aplikasi Molemath terhadap HOTS dalam materi bentuk aljabar dikategorikan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agestina, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire. [Online]. Tersedia: http://repository.radenintan.ac.id/7283/1/Skripsi%20Full.pdf [24 Maret 2021]

Anwar, C. (2017). Buku Terlengkap Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kotemporer. Jakarta: IRCiSoD.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Gitnita, S., Kamus, Z., & Gusnedi. (2018). Analisis Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual Pada Materi Fisika tentang Vektor dan Gerak Lurus. Pillar of Physics Education, 11(2), 153–160.

Indrayanti, R.D, & Masriyah. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks Di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(6).

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Karsono. (2017). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis HOTS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 52.

Nuryadi. (2019). Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 1–13.

Widyastuti, R. (2015). Proses berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teory Polya Ditinjau dari Adversity Quetient Tipe Climber. Al- Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2)

Published

2024-02-21

Versions

How to Cite

Assobirin, M., Saputro, M., & Hartono, H. (2024). APLIKASI MOLEMATH TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 7 BATU AMPAR. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(3). Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JIPP/article/view/6318