Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2024-02-21. Baca versi terbaru.

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bilangan Bulat

Penulis

  • Magdalena Noviana Dubau Franciska Lemba IKIP-PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak, Pontianak
  • Iwit Prihatin Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak, Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bilangan bulat, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) pada materi bilangan bulat, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bilangan bulat. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yakhalusti Pontianak dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan tetap diperoleh kelas VII A dan VII B. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) serta pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) tidak lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Akan tetapi, dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test menunjukkan kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut dapat disebabkan karna siswa terbiasa dengan pembelajaran konvensional yang dimana siswa hanya menerima pelajaran dari guru sehingga proses keterlibatan siswa dalam menentukan materi akan dipelajari dan akan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata, dengan materi lain, dan dengan pelajaran yang belom optimal.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW), kemampuan komunikasi matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-02-21

Versi

Cara Mengutip

Franciska Lemba, M. N. D., Saputro, M., & Prihatin, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bilangan Bulat . Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(3). Diambil dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JIPP/article/view/6760