Pengembangan Video Komik Sebagai Media Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Ukuran Pemusatan Data

Authors

  • Kristina Seselia IKIP PGRI PONTIANAK
  • Nurmaningsih IKIP PGRI PONTIANAK
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/jipp.v3i2.7589

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan video komik sebagai media dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi ukuran pemusatan data dengan mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development (R&D). Model pengembangan ini ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluaction (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  X SMA Santun Untan yang terdiri dari 18 orang siswa. Teknik pengummpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi tidak  langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpulan data yaitu lembar validasi ahli, angket dan tes berbentuk soal uraian. Teknik analisis data yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dan Hasil pengembangan video komik sebagai media dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi ukuran pemusatan yaitu: (1) Untuk kevalidan diperoleh rata-rata 85, 85% dengan kriteria sangat valid. (2) Untuk kepraktisan diperoleh rata-rata 95, 55% dengan kriteria sangat praktis. (3) Untuk keefektifan diperoleh rata-rata 94, 44% dengan kriteria sangat efektif. Video komik menjadi media memenuhi kebutuhan gaya belajar siswa baik visual, auditori dan kinestetik dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Seselia, K., Nurmaningsih, & Saputro, M. (2024). Pengembangan Video Komik Sebagai Media Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Ukuran Pemusatan Data. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 3(2), 16–23. https://doi.org/10.31571/jipp.v3i2.7589