Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Kalor di Kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila

Authors

  • Kalista Rossisca
  • Joko Suranto SMP Negeri 2 Sengah Temila
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1122

Keywords:

penerapan, metode eksperimen, hasil belajar, kalor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang diterapkan metode konvensional pada meteri kalor di kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa setelah diterapkan metode eksperimen pada materi kalor di kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 84,80, dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60,00. 2) Hasil belajar siswa setelah diterapkan metode konvensional pada materi kalor di kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 62,80 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40,00. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang diterapkan metode eksperimen lebih baik dari hasil belajar siswa yang diterapkan metode konvensional pada materi kalor dikelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aloysius, S. 2008. IPA Terpadu. Jakarta: Yudhi Tira.

Saul, Sumbang. 2013. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 20 Sungai Keli Kabupaten Landak. Pontianak: Jurnal Penelitian.

Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Liro, F. 2015. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Materi Cahaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kayan Hilir. Pontianak: Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Danil, M. 2015. Penerapan Metode Pada Pembelajaran Materi Suhu dan Pengukurannya Di Kelas VII SMP Negeri 1 Batu Ampar. Pontianak: Skripsi. (Tidak Diterbitkan).

Betty, A. 2014. Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran Topik ListrikDinamis di Kelas IX SMP Negeri 2 Pontianak: Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Afriyani, D. Boisandi. 2018. PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 TAYAN HILIR. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya. (JPSA). Vol 1. No 1 .(2018). November 2018. e-ISSN : 2655-1373. hal. 27.

Downloads

Published

2019-11-12

How to Cite

Rossisca, K., Suranto, J., & Sari, I. N. (2019). Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Kalor di Kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1122