PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA ENERGI DAN DAYA DI KELAS X SMK DARUL DAKWAH SUNGAI AMBAWANG

Authors

  • eva hasanah Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
  • anita anita Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
  • lia anggraeni Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i2.1174

Keywords:

Model pembelajaran Discovery Learning dan hasil belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha energi dan daya. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha energi dan daya.

Metode penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Pre-Experimental Design menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Darul Dakwah Sungai Ambawang.

Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan perolehan uji Wilcoxon yakni nilai  dan dengan rincian nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 38,56 dan 76,63. (2) Berdasarkan uji effect size menunjukkan nilai sebesar 2,55. Dari kriteria interpretasi nilai effect size besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dikategorikan tinggi terhadap hasill belajar siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Komara, E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Banding: Refika Aditama.

Anitah, S. 2009. Teknologi Pembelajaran. Surakarta Yuma Pustaka.

Anita. Sy Lukman Hakim Assagaf. Boisandi. 2018. The Understanding of Pre-Service Physics Teachers on Electric Circuit Concept. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Jilid 4. nomor 2. Halaman 125-130.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2019-11-21

How to Cite

hasanah, eva, anita, anita, & anggraeni, lia. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA ENERGI DAN DAYA DI KELAS X SMK DARUL DAKWAH SUNGAI AMBAWANG. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 2(2), 46–48. https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i2.1174