PENERAPAN MODEL DIRECT INTRUCTION UNTUK MEREMEDIASI KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN JANGKA SORONG DI KELAS X SMA NEGERI 1 RASAU JAYA

Authors

  • Budi Setiawan IKIP PGRI PONTIANAK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS MIPA DAN TEKNOLOGI
  • Bambang Soelismono

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i2.1180

Keywords:

Model direct intruction, kesalahan siswa, penerapan remediasi, materi pengukuran dengan jangka sorong.

Abstract

Abstrak

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan siswa dengan penerapan Remediasi Dengan Model Direct Intruction Terhadap Kesalahan Siswa Menggunakan Jangkasorong di Kelas X SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-experiment design dan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x IPA SMA Negeri 1 Rasau Jaya yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA II Sebanyak 31siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran data dengan lembar observasi dan rubik penilaian. Berdasarkan hasil dari remediasi untuk melihat tingkat kesalahan setelah di remediasi pada pengukuran diameter luar adalah 46,77, pengukuran diameter dalam 45,49, dan pada kedalaman benda 49,03. hasil perhitungan efektifitas penurunan kesalahan dengan pedoman aturan ruas jari, batas-batas tingkat efektivitas remediasi dengan menggunakan model direct instruction pada pengguanaan alat ukur jangka sorong yaitu: 0,000-0,300 (rendah); 0,300-0,700 (sedang); dan > 0,700 (tinngi). Maka dapat dilihat pada tabel efektivitas bahwa penurunan kesalahan siswa tinggi

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Serwey, J. 2009. Fisika untuk Sains dan Teknik Edisi 6. Jakarta: Salemba Teknika.

BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2005. Standar Isi untuk Satuab Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Boisandi. Darmawan, H. 2017. Meta Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme pada Materi Fisika di Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 06 (2) (2017) 179-185. ISSN: 2503-023X.

Arvina, dkk. 2013. Remediasi Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Hukum Newton Menggunakan Soal Open-Ended dan Umpan Balik. Jurnal FKIP Universitas Tanjungpura.

Restu, dkk. 2013. Remediasi Miskosepsi Siswa melalui Pembelajaran Problem Possing pad Materi Gerak Prabola. Jurnal FKIP Universitas Tanjungpura.

Trianto. 2005. Mendesain model pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Grub.

Downloads

Published

2019-11-21

How to Cite

Setiawan, B., & Soelismono, B. (2019). PENERAPAN MODEL DIRECT INTRUCTION UNTUK MEREMEDIASI KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN JANGKA SORONG DI KELAS X SMA NEGERI 1 RASAU JAYA. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 2(2), 49–54. https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i2.1180