PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PONTIANAK

Authors

  • Linda Oktavia IKIP PGRI PONTIANAK
  • Dwi Fajar Saputri IKIP PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1205

Keywords:

, Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing, Kalor dan Perubahannya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuri terbimbing pada materi kalor dan perubahannya di Kelas VII SMP Negeri 12 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan pada umumnya terdiri dari subjek pengembangan (tim ahli atau validator) dari subjek uji coba produk (siswa). Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan subjek pengembangan (tim ahli atau validator) terdiri dari empat orang dosen fisika IKIP-PGRI Pontianak dan satu orang guru IPA yang mengajar di SMP Negeri 12 Pontianak. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar Validasi Ahli. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuri terbimbing pada materi kalor dan perubahannya menghasilkan desain produk yang telah direvisi; (2) Kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuri terbimbing pada materi kalor dan perubahannya sebagai media pembelajaran dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor 86,40% dengan kriteria sangat layak, sedangkan untuk hasil penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 74,99% dengan kriteria layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrohim. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolis Garam.Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol. 2, No. 2.

Gresi Retno Sari. 2017. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP Unila.

Novarati Andarika. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Studi Kasus Pembelajaran Di Kelas X sman 6 Metro. Jurnal Pendidikan Biologi. ISSN 2442-9805.

Permana, Ardy. 2013. Pengembangan LKS Model InkuiriTerbimbingMateriPokokOptika. JurnalPengembanganFisika. Vol 1(5).45- 47.

Pratiwi, dkk. 2015. Pengembangan LKS PraktikumBerbasisInkuiriTerbimbingPada MateriLarutanBahasanLarutanPenyangga Kelas XI IPA SMA. JurnalPendidikan Kimia. Vol.4(2):32-37.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Tim Abdi Guru (2006). IPA TerpaduUntuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Afriyani, D. Boisandi. 2018. Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat Menggunakan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Optika Geometri Kelas X Sma Negeri 1 Tayan Hilir. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya. (JPSA). Vol 1. No 1. (2018). November 2018. e-ISSN: 2655-1373. hal 27.

Downloads

Published

2019-11-12

How to Cite

Oktavia, L., Saputri, D. F., & Sari, I. N. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PONTIANAK. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1205