HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BENGKAYANG

Authors

  • Listia Fidia IKIP PGRI Pontianak
  • Handy Darmawan
  • Lia Angraeni

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.1983

Keywords:

kemampuan dasar matematika, motivasi berprestasi, hasil belajar fisika

Abstract

Telah  dilakukan  penelitian  korelasional  untuk  mengetahui  hubungan  kemampuan  dasar  matematika   serta motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Fisika. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus 2020 dengan populasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Bengkayang tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian  adalah korelasional dengan instrumen pengumpulan data berupa tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan dasar matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhini, Dyah. (2012). Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Olahraga SMP Negeri 4 Purbalingga. Skripsi Sarjana pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Chusni, M. Minan. (2017). Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar IPA/Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhamadiyah Muntilan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berkala Fisika Indonesia. Vol IX(1).16-23.

Depdiknas. (2003). Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.

Jihad, A dan Haris,A, (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.

Rahim, Ervina. (2015). Hubungan Keterampilan Matematika dengan Menyelesaikan Soal Fisika Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Materi Implus dan Momentum di MAN 2 Pontianak. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wanhar. (2008). Hubungan Antara Pemahaman Konsep Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika. Jurnal Baruga, Vol. 1(3).

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Fidia, L., Darmawan, H., & Angraeni, L. (2020). HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BENGKAYANG. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 3(2), 52–55. https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.1983