HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.1983Keywords:
kemampuan dasar matematika, motivasi berprestasi, hasil belajar fisikaAbstract
Telah  dilakukan  penelitian  korelasional  untuk  mengetahui  hubungan  kemampuan  dasar  matematika  serta motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Fisika. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus 2020 dengan populasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Bengkayang tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian  adalah korelasional dengan instrumen pengumpulan data berupa tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan dasar matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Fisika.
Downloads
References
Ardhini, Dyah. (2012). Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Olahraga SMP Negeri 4 Purbalingga. Skripsi Sarjana pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak diterbitkan.
Chusni, M. Minan. (2017). Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar IPA/Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhamadiyah Muntilan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berkala Fisika Indonesia. Vol IX(1).16-23.
Depdiknas. (2003). Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
Jihad, A dan Haris,A, (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.
Rahim, Ervina. (2015). Hubungan Keterampilan Matematika dengan Menyelesaikan Soal Fisika Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Materi Implus dan Momentum di MAN 2 Pontianak. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wanhar. (2008). Hubungan Antara Pemahaman Konsep Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika. Jurnal Baruga, Vol. 1(3).
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Agustina Friastuti haryanti, Handy Darmawan, Eka Trisianawati, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA MATERI KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 EMBALOH HULU KEC. EMBALOH HULU KABUPATEN KAPUAS HULU , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)