Remediasi hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.1989Keywords:
Remediasi, Hasil Belajar, dan Media Power Point.Abstract
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai remediasi hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) remediasi dengan menggunakan media power point dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo; (2) hasil belajar siswa sebelum diremediasi menggunakan media power point pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo; (3) hasil belajar siswa setelah diremediasi menggunakan media power point pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah satu kelas. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah tes soal berbentauk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik parametris. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada materi hukum Newton sebelum diremediasi menggunakan media power point di kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo adalah 65,47 dengan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong cukup; (2) Rata-rata hasil belajar siswa pada materi hukum Newton setelah diremediasi menggunakan media power point di kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo adalah 81,42 dengan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong istimewa; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo.
Downloads
References
Samudra, Suastra, dan Suma, Permasalahan-Permasalaha n yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika, Jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), pp. 18-25, 2014.
Murtiani, F. A., dan Wulan, R., Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri Kota Padang, Jurnal FKIP UNP, 1(21), pp. 14-21, 2012.
Mardianti, L., Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Bunyi, Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2011.
Setiyawan, R.T., Sutarto, dan Subiki, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika dengan Metode Demonstrasi yang Dilengkapi Media Lingkungan pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 13 Jember, Jurnal FKIP Universitas Jember, 1(2), pp. 206-211, 2012.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Panduan Kurikulum Massagi, Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas SMA/SMK/SLB, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Bandung, 2020.
Bahar, I., Syamsiah, Bahri, A., Penggunaan Media Power Point dan Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makasar, Celebes Biodiversitas, Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi, 2(1), 2018.
Dea Elvina Damitri, Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual sebagai Media Presentasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan, Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2), pp. 1-6, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Selvanus Yudi Prayogo, Anita Anita, Ira Nofita Sari, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Mengenalkan Alat-Alat Optik , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Gratia Theodora Bawole, Dwi Fajar Saputri, Lia Angraeni, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS YOUTUBE BERBANTU EDPUZZLE PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP NEGERI 16 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Kalista Rossisca, Joko Suranto, Ira Nofita Sari, Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Kalor di Kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Tessa Helendriani, Dwi Fajar Saputri, Penerapan Model PembelajaranInkuiriTerhadapKeterampilan Proses SainsSiswa pada MateriGetaran dan Gelombang VIII MTs Negeri Siantan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Okta Triana, Dwi Fajar Saputri, Boisandi Boisandi, REMEDIASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KOMIK PADA MATERI PENGUKURAN JANGKA SORONG DAN MIKROMETER SEKRUP KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- nopi intarti, Dwi Fajar Saputri, Eka Trisianawati, PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MEREMEDIASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI MOMENTUM , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Novy Pradika Putri, Soka Hadiati, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Ade Astriani Ani, Soka Hadiati, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PRAKTIKUM IPA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS IX , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Sary Julisma, Matsun Matsun, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KELAS VIII SMP N 1 MEMPAWAH HILIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Roki Desandi, Eka Trisianawati, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA PADA SUB MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII MTS. ISLAMIYAH PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA