ANALISIS KELENGKAPAN ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM IPA SEKOLAH DI KOTA PONTIANAK

Authors

  • Eka Trisianawati ikip pgri pontianak
  • Ita Ita
  • Kristiana Fitria

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.2245

Keywords:

Kata kunci, Laboratorium IPA, alat dan bahan, Kota Pontianak.

Abstract

Mewujudkan revolusi industri 4.0 di era milenial ini, kesiapan laboratorium sekolah untuk melakukan praktikum terutama pada kelengkapan alat dan bahan laboratorium IPA perlu diperhatikan untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan laboratorium terutama dalam hal kelengkapan alat dan bahan yang ada di laboratorium IPA Sekolah Menengah Pertama di kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara observasi pada Sekolah Menengah Pertama yang ada di kota Pontianak melalui wawancara terstruktur, dan dokumentasi alat dan bahan serta dokumentasi ruangan Laboratorium IPA yang kemudian dianalisis. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini berdasarkan persentase kelengkapan alat dan bahan laboratorium IPA Sekolah Menengah Pertama yang berada di kota Pontianak dapat diketahui bahwa laboratorium SMP BRUDER Pontianak memiliki jumlah  total alat dan bahan dengan rata- rata persentase  kesiapan laboratorium 83,3% dengan kategori siap, SMP N 05 Pontianak memiliki total alat dan bahan dengan rata-rata persentase kesiapan laboratorium 100% dengan kategori siap, dan SMP N 08 Pontianak memiliki total alat dan bahan dengan rata-rata persentase kesiapan laboratorium 62.5% dengan kategori cukup siap.

Kata kunci : Laboratorium IPA, alat dan bahan, Kota Pontianak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.

Arikunto. S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Jakarta Rineka Putra.

Darsana, W; W. Sadia; & N. Tika. 2014. Analisis Standar Kebutuhan Laboratorium Kimia Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada SMA Negeri Di Kabupaten Bangli. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4 Tahun 2014 [diakses 08 – 12 – 2020]

Elseria. (2016). Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendiidkan, 10(1), 109–121.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendiknas. (2011). Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Laboratorium/Bengkel Madrasah/Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific

Luthfi H. W.,B.K. Riasti, 2011. ‘Sistem Informasi Perawatan dan Iventaris Laboratorium Pada SMK Negeri 1 Rembang Berbasis Web’. “Jurnal Speed-sentra penelitian Engineering dan edukasi, Vol.3,No.4 ohh: 1-9â€

Meita, N. M. (2017). Studi Kelayakan Pengelolaan Laboratorium IPA SMP N 4 Sumenep berdasarkan Permendiknas 2006/2008. Jurnal Lentera Sains. 7 (1):40-47.

Menggunakan Google “Sebagai penunjang Proses Pembelajaran†dalam https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=136000&level=2 Diakses tanggal 9 Desember 2020.

Notoatmodjo, Soekidjo .2010. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. RinekaCipta . Jakarta.

Permendiknas. (2007). Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Permendiknas

Permendiknas. (2008). Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah. Jakarta: Permendiknas.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta

Zahara, N., & Elita, A. (2019). Pemanfaatan dan Pengelolaan Laboratorium bagi Guru IPA di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta Aceh Besar. Prosiding FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 751:755.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Trisianawati, E., Ita, I., & Fitria, K. (2020). ANALISIS KELENGKAPAN ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM IPA SEKOLAH DI KOTA PONTIANAK. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 3(2), 66–72. https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.2245