Pengembangan tes diagnostik three tier test pada materi pesawat sederhana untuk peserta didik Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.2425Keywords:
Pesawat sederhana, Tes Diagnostik Three Tier TestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes diagnostik yang layak digunakan untuk mengungkap miskonsepsi peserta didik pada materi pesawat sederhana di kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan bentuk three tier test. Pengembangan tes diagnostik yang dilakukan mengadopsi langkah-langkah pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan menjadi 7 langkah. Rancangan awal tes terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda. Uji coba soal melibatkan 32 peserta didik pada uji skala kecil, dan 65 peserta didik pada uji coba skala besar. Berdasarkan analisis data, disimpulkan tes yang dikembangkan layak digunakan untuk mengungkap miskonsepsi peserta didik yaitu: 1) memiliki validitas yang lebih tinggi daripada validitas tabel memiliki validitas butir sebesar 0,474, 2) memiliki reliabilitas sebesar 0,630, 3) tiap butir soal tes diagnostik dapat mengungkap miskonsepsi peserta didik, 4) memiliki indeks kesukaran 0,55, 5) tingkat keterbacaan soal sebesar 4,379. Soal yang layak digunakan sebanyak 5 butir soal dan tidak layak sebanyak 5 butir soal dari 10 butir soal.
Downloads
References
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Azwar, S. 2009. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borg, W.R, & Gall, M.D. (1983). Education Research An Introduction. New York : Longman.
Dendodi, 2018. Pengembanagan Pengembangan Tes Diagnostik Four Tier Test Dilengkapi Dengan Self-Diagnosis Sheet Tentang Energi Untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Pontianak. FKIP Untan.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Harisyah,PY. 2019. Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier menggunakan Microsof Excel tentang Fluida Dinamis di SMA. Pontianak: SKRIPSI
Kirbunut,Z.D dan O.Geban. (2014). Using Three Tier Diagnostic Test to Asses Students Misconception on States Of Matter .Eurasia Journal of Mathematics,Science and Technology Education 2014, 10(5) : 509-521
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun ajaran 2014, Mata Pelajaran Fisika SMA/SMK. Jakarta: tidak diterbitkan.
Mahmudah, Diah. 2011. Secondary Analisis Tentang Tes Diagnostik Skripsi-Skripsi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Untan Tahun 2007-2009 pada Materi Mekanika. Pontianak: FKIP Untan (Skripsi).
Mardapi, Djemai. 2012. Pegukuran Penilaian dan Evaluasi. Yogyakarta: Nuha Medika
Maulini, Septi. (2016). Three Tier Test untuk Mengungkap Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi pada Konsep Gaya Pegas. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika.
Sanjaya, Wina. (2013) Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana
Setiawan, Adhi. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi Reliabiitas Tes. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suparno, Paul. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo.
Sutrisno, Leo, Kresnadi, Kartono. (2007). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Pontianak: LPJJ PGSD
Suwarto.2013. Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- nopi intarti, Dwi Fajar Saputri, Eka Trisianawati, PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MEREMEDIASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI MOMENTUM , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Muhammad Fahri Raiska Putra, Muhamad Firdaus, Lia Angraeni, Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis di Kelas XI IPA 1 Mempawah Hilir , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Listia Fidia, Handy Darmawan, Lia Angraeni, HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BENGKAYANG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)