Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 2 Ketapang

Authors

  • usmiyatun usmiyatun

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i1.2792

Keywords:

hasilbelajar, inkuiri terbimbing, penncemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan menggunakan model inkuri terbimbing. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas sesi pertama VII A SMP Negeri 2 Ketapang dengan jumlah siswa adalah 15 orang siswa. Pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes. Data kuantitatif berupa hasil tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran kemudian ditentukan nilai rata-ratanya. Adapun hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model inkuri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan di siklus I memiliki nilai  dengan rata-rata 77,33 dan berada pada kategori baik, sedangkan  rata-rata pada siklus II dengan menggunakan model inkuri terbimbing juga pada kategori baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model inkuri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, O. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2001.

Huzaimah; Utami, S.; dan Kartono. Peningkatan Keterampilan Proses IPA menggunakan Metode Kerja Kelompok. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(4): 1-16 2015.

Lasmini, N. W. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 2 Tatura. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(4): 329-342, 2016.

Nurussaniah, Trisianawati, E.; dan Sari, N. S. Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Calon Guru Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2): 233-240, 2017.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Penerbit Tarsito, 1996.

Nasution, S. W.R.; Penerapan Model Inkuri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Education and Development, 3(1):1-5, 2018.

Megawati. Penerapan Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Materi Saling Ketergantungan dalam Ekosistem Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Tandun Tahun 2016. Indonesian Journal of Basic Education, 1(3): 347-358, 2018.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

usmiyatun, usmiyatun. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 2 Ketapang. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 4(1), 25–29. https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i1.2792