PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL DI KELAS X SMA NEGERI 1 JONGKONG

Authors

  • Annisa Rahmi IKIP PGRI PONTIANAK
  • Handi Darmawan IKIP PGRI Pontianak
  • Wahyudi Wahyudi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.2806

Keywords:

Model Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Materi Dinamika Partikel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh kejelasan yang objektif dan jelas mengenai untuk mengetahui pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi dinamika partikel di kelas X SMA Negeri 1 Jongkong. Adapun tujuan khusus sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvesional pada materi dinamika partikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Jongkong. 2) Untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa setelah di terapkan model pembelajaran inkuiri pada materi dinamika partikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Jongkong. 3) Untuk mengetahui adakah perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan mengggunakan model pembelajaran konvesional dan siswa yang di ajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi dinamika partikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Jongkong. 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi dinamika partikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Jongkong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi eksperimental Design dan rancangan penelitian Nonequi valent Groups Posttest-Only. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Jongkong yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran data dengan tes essay. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh Keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan model pembelajaran inquiry pada materi dinamika partikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Jongkong tergolong baik yaitu sebesar 69,12 sedangkan kelas kontrol sebesar 58,04. Sehingga Ha diterima dan hasil perhitungan effect size untuk model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi dinamika partikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Jongkong yaitu 1,426 tergolong tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Annisa Rahmi, IKIP PGRI PONTIANAK

PENDIDIKAN FISIKA

References

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Innofatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Afnidar, A. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa Pada Topik Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 1 Mutiara Pidie. Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 4(1), 76740.

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Silalahi, R. (2011). Kontribusi Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Inkuiri Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Edisi Khusus, 2, 134-143.

Annisa, N., Dwiastuti, S., & Fatmawati, U. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Journal of Biology Education, 5(2), 163-170.

Tessa, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang Siswa Kelas VII MTs Negeri Siantan. Skripsi IKIP PGRI Pontianak.

Rahmani, Abdullah halim, Zulkarnain Jalil. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 10 (2), 80.

Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141-149.

Usdalifat, Achmad, R dan Samsulrizal,

M.S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (3), 9.

Rahmani, Abdullah halim, Zulkarnain Jalil. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 10 (2), 80.

Muslim, K, dan Tapilouw, F.S. (2015). Pengaruh Model Inkuiri Ilmiah Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Kalor dalam kehidupan. EDUSAINS JOURNAL, 7 (1), 96.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Rahmi, A., Darmawan, H., & Wahyudi, W. (2022). PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL DI KELAS X SMA NEGERI 1 JONGKONG. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 5(2), 44–50. https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.2806