PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.3030Keywords:
Flipped Classroom, Hasil Belajar, Getaran dan GelombangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran  flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tempunak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest menggunakan Uji T sampel berpasangan dan uji independen sampel T-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran flipped classroom dan VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tes dalam penelitian ini berbentuk soal 22 pilihan ganda. Berdasarkan acuan hasil analisis data, disimpulkan (1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran Flipped Classroom sebesar 64,47 dengan persentase ketuntasan 26%, pembelajaran konvensional sebesar 32,95 dengan persentase ketuntasan 0%. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran Flipped Classroom dan pembelajaran konvensional F = 1,479 dengan taraf sig (0,00 < 0,05). (3) Pembelajaran Flipped Classroom efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang.
Â
Downloads
References
Haris Budiman., “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,†Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, pp. 31–43, 2017.
C. W. Anggraeni, “Promoting Education 4.0 in English for Survival Class: What are the Challenges?,†Metathesis J. English Lang. Lit. Teach., vol. 2, no. 1, p. 12, 2018, doi: 10.31002/metathesis.v2i1.676.
M. Ansori and N. N. Nafi’, “English Teachers’ Perceived Benefits and Challenges of Flipped Classroom Implementation,†JEELS (Journal English Educ. Linguist. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 211–228, 2019, doi: 10.30762/jeels.v5i2.820.
C. K. Lo and K. F. Hew, “A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education: possible solutions and recommendations for future research,†Res. Pract. Technol. Enhanc. Learn., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.1186/s41039-016-0044-2.
E. N. Adhitiya, “Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah,†Unnes J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, 2015, doi: 10.15294/ujme.v4i2.7451.
D. Nurhadiat and H. Syakdiyah, “Inovasi Pembelajaran Flipped Classroomdalam upaya Penguatan Kompetensi dan Daya Saing Siswa Era Revolusi Industri4.0,†Ilm. Wahana Pendidik., vol. 5, no. 4, pp. 33–46, 2019, doi: 10.5281/zenodo.3551974.
K. Adila and Y. Harisah, “Persepsi Siswa Kelas x MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online pada Pelajaran Matematika,†Semin. Nas. Pendidik. Mat., pp. 401–406, 2020.
T. Cockrum, “Flipping Your English Class to Reach All Learners,†Flip. Your English Cl. to Reach All Learn., 2013, doi: 10.4324/9781315819822.
H. M. R. Nirmalasari, Santiani, “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis,†Penerapan Model Pembelajaran Learn. Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Has. Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmon., vol. 4, no. 3, pp. 74–94, 2016.
A. Pratiwi, R. Sahputra, and L. Hadi, “Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence Dan Hasil Belajar Siswa Sman 8 Pontianak,†J. Pendidik. dan Pembelajaran Untan, vol. 6, no. 11, 2017.
jurnal dunia kesmas volume 6. N. 3. J. 2017, “No Titleהשפעות של השקיית ×’×™× ×•×ª ×‘×ž×™× ×פורי×,â€ ×ž×™× ×•×”×©×§×™×™×”, vol. 549, pp. 40–42, 2017.
L. Deslauriers, E. Schelew, and C. Wieman, “Improved learning in a large-enrollment physics class,†Science (80-. )., vol. 332, no. 6031, pp. 862–864, 2011, doi: 10.1126/science.1201783.
J. Enfield, “Looking at the Impact of the Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Students at CSUN,†TechTrends, vol. 57, no. 6, pp. 14–27, 2013, doi: 10.1007/s11528-013-0698-1.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.