PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tempunak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest menggunakan Uji T sampel berpasangan dan uji independen sampel T-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran flipped classroom dan VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tes dalam penelitian ini berbentuk soal 22 pilihan ganda. Berdasarkan acuan hasil analisis data, disimpulkan (1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran Flipped Classroom sebesar 64,47 dengan persentase ketuntasan 26%, pembelajaran konvensional sebesar 32,95 dengan persentase ketuntasan 0%. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran Flipped Classroom dan pembelajaran konvensional F = 1,479 dengan taraf sig (0,00 < 0,05). (3) Pembelajaran Flipped Classroom efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Haris Budiman., “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, pp. 31–43, 2017.
C. W. Anggraeni, “Promoting Education 4.0 in English for Survival Class: What are the Challenges?,” Metathesis J. English Lang. Lit. Teach., vol. 2, no. 1, p. 12, 2018, doi: 10.31002/metathesis.v2i1.676.
M. Ansori and N. N. Nafi’, “English Teachers’ Perceived Benefits and Challenges of Flipped Classroom Implementation,” JEELS (Journal English Educ. Linguist. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 211–228, 2019, doi: 10.30762/jeels.v5i2.820.
C. K. Lo and K. F. Hew, “A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education: possible solutions and recommendations for future research,” Res. Pract. Technol. Enhanc. Learn., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.1186/s41039-016-0044-2.
E. N. Adhitiya, “Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah,” Unnes J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, 2015, doi: 10.15294/ujme.v4i2.7451.
D. Nurhadiat and H. Syakdiyah, “Inovasi Pembelajaran Flipped Classroomdalam upaya Penguatan Kompetensi dan Daya Saing Siswa Era Revolusi Industri4.0,” Ilm. Wahana Pendidik., vol. 5, no. 4, pp. 33–46, 2019, doi: 10.5281/zenodo.3551974.
K. Adila and Y. Harisah, “Persepsi Siswa Kelas x MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online pada Pelajaran Matematika,” Semin. Nas. Pendidik. Mat., pp. 401–406, 2020.
T. Cockrum, “Flipping Your English Class to Reach All Learners,” Flip. Your English Cl. to Reach All Learn., 2013, doi: 10.4324/9781315819822.
H. M. R. Nirmalasari, Santiani, “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis,” Penerapan Model Pembelajaran Learn. Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Has. Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmon., vol. 4, no. 3, pp. 74–94, 2016.
A. Pratiwi, R. Sahputra, and L. Hadi, “Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence Dan Hasil Belajar Siswa Sman 8 Pontianak,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Untan, vol. 6, no. 11, 2017.
jurnal dunia kesmas volume 6. N. 3. J. 2017, “No Titleהשפעות של השקיית גינות במים אפורים,” מים והשקייה, vol. 549, pp. 40–42, 2017.
L. Deslauriers, E. Schelew, and C. Wieman, “Improved learning in a large-enrollment physics class,” Science (80-. )., vol. 332, no. 6031, pp. 862–864, 2011, doi: 10.1126/science.1201783.
J. Enfield, “Looking at the Impact of the Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Students at CSUN,” TechTrends, vol. 57, no. 6, pp. 14–27, 2013, doi: 10.1007/s11528-013-0698-1.
DOI: https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.3030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhimatul Ahkamiyah, Edy Tandililing, Erwina Oktavianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya
Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: jpsa.ikippgripontianak@gmail.com
p-ISSN: 2654-4512 | e-ISSN: 2655-1373