PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.3030

Keywords:

Flipped Classroom, Hasil Belajar, Getaran dan Gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran  flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tempunak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest menggunakan Uji T sampel berpasangan dan uji independen sampel T-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran flipped classroom dan VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tes dalam penelitian ini berbentuk soal 22 pilihan ganda. Berdasarkan acuan hasil analisis data, disimpulkan (1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran Flipped Classroom sebesar 64,47 dengan persentase ketuntasan 26%, pembelajaran konvensional sebesar 32,95 dengan persentase ketuntasan 0%. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran Flipped Classroom dan pembelajaran konvensional F = 1,479 dengan taraf sig (0,00 < 0,05). (3) Pembelajaran Flipped Classroom efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhimatul Ahkamiyah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Pendidikan Fisika FKIP Untan

Edy Tandililing, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Pendidikan Fisika FKIP Untan

Erwina Oktavianty, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Pendidikan Fisika FKIP Untan

References

Haris Budiman., “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,†Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, pp. 31–43, 2017.

C. W. Anggraeni, “Promoting Education 4.0 in English for Survival Class: What are the Challenges?,†Metathesis J. English Lang. Lit. Teach., vol. 2, no. 1, p. 12, 2018, doi: 10.31002/metathesis.v2i1.676.

M. Ansori and N. N. Nafi’, “English Teachers’ Perceived Benefits and Challenges of Flipped Classroom Implementation,†JEELS (Journal English Educ. Linguist. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 211–228, 2019, doi: 10.30762/jeels.v5i2.820.

C. K. Lo and K. F. Hew, “A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education: possible solutions and recommendations for future research,†Res. Pract. Technol. Enhanc. Learn., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.1186/s41039-016-0044-2.

E. N. Adhitiya, “Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah,†Unnes J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, 2015, doi: 10.15294/ujme.v4i2.7451.

D. Nurhadiat and H. Syakdiyah, “Inovasi Pembelajaran Flipped Classroomdalam upaya Penguatan Kompetensi dan Daya Saing Siswa Era Revolusi Industri4.0,†Ilm. Wahana Pendidik., vol. 5, no. 4, pp. 33–46, 2019, doi: 10.5281/zenodo.3551974.

K. Adila and Y. Harisah, “Persepsi Siswa Kelas x MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online pada Pelajaran Matematika,†Semin. Nas. Pendidik. Mat., pp. 401–406, 2020.

T. Cockrum, “Flipping Your English Class to Reach All Learners,†Flip. Your English Cl. to Reach All Learn., 2013, doi: 10.4324/9781315819822.

H. M. R. Nirmalasari, Santiani, “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis,†Penerapan Model Pembelajaran Learn. Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Has. Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmon., vol. 4, no. 3, pp. 74–94, 2016.

A. Pratiwi, R. Sahputra, and L. Hadi, “Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence Dan Hasil Belajar Siswa Sman 8 Pontianak,†J. Pendidik. dan Pembelajaran Untan, vol. 6, no. 11, 2017.

jurnal dunia kesmas volume 6. N. 3. J. 2017, “No Titleהשפעות של השקיית ×’×™× ×•×ª ×‘×ž×™× ×פורי×,â€ ×ž×™× ×•×”×©×§×™×™×”, vol. 549, pp. 40–42, 2017.

L. Deslauriers, E. Schelew, and C. Wieman, “Improved learning in a large-enrollment physics class,†Science (80-. )., vol. 332, no. 6031, pp. 862–864, 2011, doi: 10.1126/science.1201783.

J. Enfield, “Looking at the Impact of the Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Students at CSUN,†TechTrends, vol. 57, no. 6, pp. 14–27, 2013, doi: 10.1007/s11528-013-0698-1.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Ahkamiyah, M., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2022). PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 5(2), 66–71. https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.3030