Optimalisasi Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Salatiga

Authors

  • Astuti Astuti IKIP PGRI PONTIANK
  • Dwi Fajar Saputri IKIP PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i1.3168

Keywords:

Kata kunci, Optimalisasi, Google Classroom, Eksperimen, Hasil Belajar

Abstract

Dilihat dari perkembangan zaman sekarang ini tidak lepas dari Teknologi Informasi (TI) yang juga semakin berkembang. Selain itu dengan adanya pandemi covid-19 yang sedang berlangsung. Guru juga dituntut utuk menguasai teknologi supaya proses pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 berjalan sebagai mana mestinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah optimalisasi Google Classroom dan seberapa besar pengaruh optimalisasi Google Classroom. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang berbentuk pre expremental design. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MIA dan sampel siswa kelas X MIA I. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu Random  sampling. Teknik dalam pengambilan data adalah teknik pengukuran dan alat yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Gain, Uji Normalitas dan Uji T. Hasil dalam penelitian ini diperoleh nilai Prestest sebesar 51,30 dan Posstest sebesar 82,29 sedangkan bessar pengaruh yang diperoleh adalah 0,63. Kesimpulan hasil belajar siswa sebelum optimalisasi Google Classroom sebesar 51,30 dengan kategori “kurang†dan sesudah optimalisasi Google Classroom sebesar 83,29 dengan kategori ‘baik sekali’. Besar pengaruh optimalisasi Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Salatiga Kabupaten Sambas adalah sebesar 0,63 dengan kategori “sedangâ€.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Astuti Astuti, IKIP PGRI PONTIANK

Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan MIPATEK

Dwi Fajar Saputri, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan MIPATEK

Ira Nofita Sari, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan FIsika, Fakutas Pendidikan MIPATEK

References

Miningsih,S. Implementasi TIK dalam Pembelajaran Mendengarkan di Sekolah Dasar. [Jurnal Teknodika], vol.1. No.2. 2015.

Dwi Yunita. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M. Vol.3, No.2. 2017.

Handayani, N. L., Sulisworo, D., & Ishafit, I. Pemanfaatan Google Classroom Pada Pembelajaran Ipa Fisika Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. [Journal Pendidikan Fisika], 9(1), 66-80. 2021.

Sudibjo Ari, Penggunaan Media pembelajaran IPA berbasiss google classroom pada materi Alat optik untuk meningkatka Reaspon motivasi dan hasil belajar siswa di SMPA negeri 4 Surabaya. [Journal education and development] Vol.7, No. 3. 2019.

Andira Permata, Yoga Budi Bhakti. Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. [JIPFRI] (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), Vol. 4 No. 1. 2020.

Leony Sanga Lamsari Purba, “Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kima fisika. [JDP] Vol.12 No 33. 2019

Lina Novita dkk, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD†[IJPE] Vol 3 No 2. 2019

Dwi Yunita. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. [Jurnal LP3M]. Vol.3, No.2. 2017.

Hafizah, Sarifah, Penggunaan dan Pengembangan Video dalam pembelajara Fisika. [Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro]. Vol 8. No.2. 2020

Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. APenggunaan aplikasi quizizz berbasis smartphone dalam membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa. [In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019] (pp. 362-368). 2019, September.

Wahyu, (2019). Penerapan Metode Latihan Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMP Negeri 1 Kayangan [Jurnal Kependidikan].Volume 5, Nomor 2. 2019.

Riyadi Akbar, Dkk. Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Flash Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. [Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi]. Volume I No 2. 2015.

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Astuti, A., Saputri, D. F., & Sari, I. N. (2022). Optimalisasi Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 5(1), 27–33. https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i1.3168