Analisis implementasi pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19 di sekolah menegah pertama (SMP) negeri Ketapang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. F. Saputri et al., “Pelatihan Eksperimentasi Fisika di Era New Normal,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP), 2021, vol. 1, no. 1, pp. 81–88.
E. Risdianto, “Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0,” Res. Gate, 2019, [Online]. Available: www. researchgate.net.
Y. Jannah, “Analisis Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kewirausahaan Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.
N. Andreas, “Dampak revolusi industri 4.0 terhadap profesi akuntan publik (sebuah penelitian literatur),” 2019.
N. Nurussaniah et al., “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis ICT bagi Guru di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 5, no. 4, pp. 889–896, 2020.
N. Nurhayati, D. F. Saputri, F. Novianty, and W. Wahyudi, “Peningkatan Kompetensi Guru IPA melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Perangkat dan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik,” PengabdianMu J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 97–104, 2020.
D. R. A. U. Khasanah, H. Pramudibyanto, and B. Widuroyekti, “Pendidikan dalam masa pandemi covid-19,” J. Sinestesia, vol. 10, no. 1, pp. 41–48, 2020.
K. H. L. G. M. Z. Atsani, “Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19,” Al-Hikmah J. Stud. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 82–93, 2020.
N. K. S. Astini, “Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19,” Lampuhyang, vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020.
N. S. Hanum, “Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto),” J. Pendidik. vokasi, vol. 3, no. 1, 2013.
D. Astuti, E. Supriyanto, and M. Muthoifin, “MODEL PENJAMINAN MUTU KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE PADA SITUASI WORK FROM HOME (WFH),” Profetika J. Stud. Islam, vol. 21, no. 1, pp. 129–139, 2020.
H. Wijoyo and P. Nyanasuryanadi, “Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19,” JP3M J. Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdaya. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 166–174, 2020.
J. W. Creswell and V. L. P. Clark, Designing and conducting mixed methods research. Sage publications, 2017.
P. Pendidikan, “fifu media akademi Metodologi Metodologi Penelitian Pendidikan.”
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 28th ed. Bandung: CV. Alvabeta, Bandung, 2019.
W. Wahyudi, D. F. Saputri, S. Koriaty, and N. Nurhayati, “Workshop Lesson Plan dan Lembar Observasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA SMP dalam Merencanakan Pembelajaran,” J. Publ. Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 245–253, 2019.
V. E. P. Nurprihardianti and T. Harsiati, “Pembelajaran Menulis Dengan Model Daring Kelas IX SMP Negeri 21 Malang,” JoLLA J. Lang. Lit. Arts, vol. 1, no. 5, pp. 630–643, 2021.
W. Susanti, “Implementasi Pembelajaran Secara Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Smp Di Masa Pandemic Covid-19,” Inov. Pendidik., vol. 7, no. 2, 2020.
E. Nurhayati, “Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 3, pp. 145–150, 2020.
A. Asmuni, “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 4, pp. 281–288, 2020.
A. S. Wandini and F. Y. Lubis, “Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara daring pada belajar dari rumah (BDR) jenjang sekolah menengah pertama (SMP),” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1985–1997, 2021.
A. Fauzy and P. Nurfauziah, “Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 551–561, 2021.
M. Mustakim, “Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.
A. Prasani, D. Herdiyanti, L. Puspita, and A. Walid, “EVALUASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN IPA KELAS IX SMPN 18 KOTA BENGKULU,” Acad. Educ. J., vol. 12, no. 2, pp. 246–253, 2021.
P. Prayitno and M. F. F. Mardianto, “Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif,” MUST J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 171–181, 2020.
DOI: https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.3572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Haviz Zuty Ramara, Wahyudi Wahyudi, Ratih Widya Nurcahyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya
Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: jpsa.ikippgripontianak@gmail.com
p-ISSN: 2654-4512 | e-ISSN: 2655-1373