Analisis implementasi pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19 di sekolah menegah pertama (SMP) negeri Ketapang

Authors

  • Haviz Zuty Ramara Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, IKIP PGRI Pontianak
  • Wahyudi Wahyudi Program Studi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
  • Ratih Widya Nurcahyo Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.3572

Keywords:

Impelementasi, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Analisis Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Menegah Pertama Negeri di Ketapang Masa Pandemi Covid-19. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitain deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru berjumlah 50 orang dan siswa berjumlah 180 siswa. Angket dan pedoman wawancara digunakan sebagai instrumen pengumpul data. Instrumen pengumpul data yang dirancang telah memenuhi kriteria valid isi. Angket diujicoba sebelum dijadikan alat pengumpul data dan memenuhi kriteri valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring telah diimplementasikan selama Pandemi Covid-19. Guru telah melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Hasil capaian implementasi pembelajaran daring berdasarkan sumber data dari kepala sekolah, guru dan siswa dipaparkan secara lengkap dalam hasil penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. F. Saputri et al., “Pelatihan Eksperimentasi Fisika di Era New Normal,†in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP), 2021, vol. 1, no. 1, pp. 81–88.

E. Risdianto, “Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0,†Res. Gate, 2019, [Online]. Available: www. researchgate.net.

Y. Jannah, “Analisis Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kewirausahaan Dalam Perspektif Ekonomi Islam.†UIN Raden Intan Lampung, 2020.

N. Andreas, “Dampak revolusi industri 4.0 terhadap profesi akuntan publik (sebuah penelitian literatur),†2019.

N. Nurussaniah et al., “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis ICT bagi Guru di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat,†J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 5, no. 4, pp. 889–896, 2020.

N. Nurhayati, D. F. Saputri, F. Novianty, and W. Wahyudi, “Peningkatan Kompetensi Guru IPA melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Perangkat dan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik,†PengabdianMu J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 97–104, 2020.

D. R. A. U. Khasanah, H. Pramudibyanto, and B. Widuroyekti, “Pendidikan dalam masa pandemi covid-19,†J. Sinestesia, vol. 10, no. 1, pp. 41–48, 2020.

K. H. L. G. M. Z. Atsani, “Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19,†Al-Hikmah J. Stud. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 82–93, 2020.

N. K. S. Astini, “Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19,†Lampuhyang, vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020.

N. S. Hanum, “Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto),†J. Pendidik. vokasi, vol. 3, no. 1, 2013.

D. Astuti, E. Supriyanto, and M. Muthoifin, “MODEL PENJAMINAN MUTU KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE PADA SITUASI WORK FROM HOME (WFH),†Profetika J. Stud. Islam, vol. 21, no. 1, pp. 129–139, 2020.

H. Wijoyo and P. Nyanasuryanadi, “Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19,†JP3M J. Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdaya. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 166–174, 2020.

J. W. Creswell and V. L. P. Clark, Designing and conducting mixed methods research. Sage publications, 2017.

P. Pendidikan, “fifu media akademi Metodologi Metodologi Penelitian Pendidikan.â€

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 28th ed. Bandung: CV. Alvabeta, Bandung, 2019.

W. Wahyudi, D. F. Saputri, S. Koriaty, and N. Nurhayati, “Workshop Lesson Plan dan Lembar Observasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA SMP dalam Merencanakan Pembelajaran,†J. Publ. Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 245–253, 2019.

V. E. P. Nurprihardianti and T. Harsiati, “Pembelajaran Menulis Dengan Model Daring Kelas IX SMP Negeri 21 Malang,†JoLLA J. Lang. Lit. Arts, vol. 1, no. 5, pp. 630–643, 2021.

W. Susanti, “Implementasi Pembelajaran Secara Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Smp Di Masa Pandemic Covid-19,†Inov. Pendidik., vol. 7, no. 2, 2020.

E. Nurhayati, “Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19,†J. Paedagogy, vol. 7, no. 3, pp. 145–150, 2020.

A. Asmuni, “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya,†J. Paedagogy, vol. 7, no. 4, pp. 281–288, 2020.

A. S. Wandini and F. Y. Lubis, “Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara daring pada belajar dari rumah (BDR) jenjang sekolah menengah pertama (SMP),†J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1985–1997, 2021.

A. Fauzy and P. Nurfauziah, “Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin,†J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 551–561, 2021.

M. Mustakim, “Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika,†Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.

A. Prasani, D. Herdiyanti, L. Puspita, and A. Walid, “EVALUASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN IPA KELAS IX SMPN 18 KOTA BENGKULU,†Acad. Educ. J., vol. 12, no. 2, pp. 246–253, 2021.

P. Prayitno and M. F. F. Mardianto, “Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif,†MUST J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 171–181, 2020.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Ramara, H. Z., Wahyudi, W., & Nurcahyo, R. W. (2021). Analisis implementasi pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19 di sekolah menegah pertama (SMP) negeri Ketapang. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 4(2), 68–74. https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.3572