Penggunaan media konkrit gelas es cream dan kartu berwarna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika pada materi perkalian dua bilangan bulat di Kelas VII SMP Negeri 2 Meliau

Puryanti Puryanti

Abstract


Berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan, seorang guru dituntut untuk melakukan suatu inovasi dalam proses penyampaian pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Dengan adanya inovasi yang dilakukan oleh seorang guru terutama dalam penggunaan media konkrit (alat peraga) diharapkan dapat menumbuhkan semangat anak untuk belajar, hal ini tentunya akan memberikan hasil pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan. Dengan demikian di harapkan pembelajaran yang di sampaikan akan lebih mudah dipahami oleh siswa. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk membelajarkan materi perkalian dua bilangan bulat dengan menggunakan media konkrit yaitu gelas es krim dan kartu berwarna. Dengan menggunakan media konkrit (alat paraga) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika terutama pada materi perkalian dua bilangan bulat.

Keywords


Meningkatkan; media konkrit; perkalian dua bilangan bulat

Full Text:

PDF

References


A. Buchari, “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Iqra’, vol. 12, no. 2, pp. 106–124, Dec. 2018, doi: 10.30984/JII.V12I2.897.

L. Arfani, “Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran,” Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, vol. 11, no. 2, pp. 81–97, 2016, Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

A. Erwinsyah, “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar | Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 4, pp. 87–105, 2017, Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392

L. Pradilasari, A. Gani, and I. Khaldun, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 7, no. 1, pp. 9–15, Apr. 2019, doi: 10.24815/JPSI.V7I1.13293.

K. N. Utami and A. Mustadi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 8, no. 1, pp. 14–25, Apr. 2017, doi: 10.21831/JPK.V7I1.15492.

Y. Febrita and M. Ulfah, “Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa ,” 2019. Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571

A. Mahdiang Ningrum Kotaku, A. Mahdiang Ningrum, A. Jihan Indri Fashali, and R. Malini, “Kotaku (Kartu Operasi Kabataku) Sebagai Media Permainan Guna Menigkatkan Kemampuan dan Pemahaman Siswa dalam Materi Operasi Bilangan Bulat dan Relasi Dua Bilangan,” Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 31–38, Sep. 2019, doi: 10.29300/EQUATION.V2I1.2307.

T. F. Dilla and S. Sukmawati, “Pengembangan Media Multiply Cards Pada Pembelajaran Operasi Perkalian Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar ,” Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 218–232, 2021, Accessed: Mar. 30, 2022. [Online]. Available: https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/325

D. Kurniawan, K. Karlimah, and Y. Suryana, “Penerapan media komik matematika terhadap peningkatan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan cacah di sekolah dasar,” JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, Sep. 2015, doi: 10.37058/JP3M.V1I1.137.

S. Sunartiyana, “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Mengurutkan Bilangan Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I SDN 2 Semiring Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo ,” Jurnal Ilmiah Pengambangan Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 78–86, 2020, Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: https://www.ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/520

A. Asiah, Z. Zainuddin, and T. Sabri, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Di SD,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), vol. 4, no. 6, Jun. 2015, doi: 10.26418/JPPK.V4I6.10407.

M. Mahfudl, “Pemberdayaan Kemampuan Memahami Matematika Tentang Nilai Tempat Melalui Metode Demonstrasi,” HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 9, no. 2, pp. 163–168, Jul. 2017, doi: 10.52166/HUMANIS.V9I2.366.

A. Gafur, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 144–161, Mar. 2018, doi: 10.36312/JISIP.V2I1.249.




DOI: https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.3610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Puryanti Puryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats