Penggunaan media konkrit gelas es cream dan kartu berwarna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika pada materi perkalian dua bilangan bulat di Kelas VII SMP Negeri 2 Meliau
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.3610Keywords:
Meningkatkan, media konkrit, perkalian dua bilangan bulatAbstract
Downloads
References
A. Buchari, “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran,†Jurnal Ilmiah Iqra’, vol. 12, no. 2, pp. 106–124, Dec. 2018, doi: 10.30984/JII.V12I2.897.
L. Arfani, “Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran,†Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, vol. 11, no. 2, pp. 81–97, 2016, Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160
A. Erwinsyah, “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar | Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,†Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 4, pp. 87–105, 2017, Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392
L. Pradilasari, A. Gani, and I. Khaldun, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA,†Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 7, no. 1, pp. 9–15, Apr. 2019, doi: 10.24815/JPSI.V7I1.13293.
K. N. Utami and A. Mustadi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,†Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 8, no. 1, pp. 14–25, Apr. 2017, doi: 10.21831/JPK.V7I1.15492.
Y. Febrita and M. Ulfah, “Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa ,†2019. Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571
A. Mahdiang Ningrum Kotaku, A. Mahdiang Ningrum, A. Jihan Indri Fashali, and R. Malini, “Kotaku (Kartu Operasi Kabataku) Sebagai Media Permainan Guna Menigkatkan Kemampuan dan Pemahaman Siswa dalam Materi Operasi Bilangan Bulat dan Relasi Dua Bilangan,†Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 31–38, Sep. 2019, doi: 10.29300/EQUATION.V2I1.2307.
T. F. Dilla and S. Sukmawati, “Pengembangan Media Multiply Cards Pada Pembelajaran Operasi Perkalian Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar ,†Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 218–232, 2021, Accessed: Mar. 30, 2022. [Online]. Available: https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/325
D. Kurniawan, K. Karlimah, and Y. Suryana, “Penerapan media komik matematika terhadap peningkatan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan cacah di sekolah dasar,†JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, Sep. 2015, doi: 10.37058/JP3M.V1I1.137.
S. Sunartiyana, “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Mengurutkan Bilangan Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I SDN 2 Semiring Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo ,†Jurnal Ilmiah Pengambangan Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 78–86, 2020, Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: https://www.ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/520
A. Asiah, Z. Zainuddin, and T. Sabri, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Di SD,†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), vol. 4, no. 6, Jun. 2015, doi: 10.26418/JPPK.V4I6.10407.
M. Mahfudl, “Pemberdayaan Kemampuan Memahami Matematika Tentang Nilai Tempat Melalui Metode Demonstrasi,†HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 9, no. 2, pp. 163–168, Jul. 2017, doi: 10.52166/HUMANIS.V9I2.366.
A. Gafur, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018,†JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 144–161, Mar. 2018, doi: 10.36312/JISIP.V2I1.249.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Puryanti Puryanti, PENINGKATAN PEMAHAMAN KESEBANGUNAN DUA BANGUN DATAR MELALUI ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS IX B SMPN 2 MELIAU , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)