PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PRAKTIKUM IPA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS IX

Authors

  • Ade Astriani Ani IKIP PGRI PONTIANAK
  • Soka Hadiati IKIP PGRI PONTIANAK
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4234

Keywords:

Modul Elektronik, Discovery Learning, Praktikum IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik dan respon peserta didik  terhadap penggunaan modul elektronik berbasis discovery learning pada praktikum IPA materi listrik dinamis di kelas IX SMPN 2 Sangai Ambawang. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model rancangan ADDIE, yang dimodifikasi yaitu (1) Analysis, (2) Design, dan (3) Development. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek pengembangan yaitu tiga validator. Subjek ujicoba produk yaitu peserta didik  kelas IX C SMPN 2 Sungai Ambawang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data untuk kelayakan modul elektronik menggunakan skor penilaian dari aspek media dan aspek materi. Jenis analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, data dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata-rata skor yaitu 77% dengan kriteria layak, validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 80% dengan kriteria layak, dan hasil respon peserta didik  diperoleh rata-rata skor 81% dengan kriteria respon sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmiyunda., Guspatni., & Fajriah, A. (2018). Pengembangan E-Modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Vol 2. No 2. November 2018. hal 155-161. ISSN: 2614-1221.

Bakri, F., Permana, A. H., & Siahaan, B. Z. (2016). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran Fisika SMA. Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. 19 November 2016. hal 227-235. ISSN: 2477-0477.

Branch, R. B. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dinata, A. A., & Zainul, R. (2020). Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 2. No 1. 06 Februari 2020. hal 6-11. ISSN: 2502-6399.

Febrianti, K. V., Bakri, F., & Nasbey, H. (2017). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol 2. No 2. September 2017. hal 18-26. ISSN: 2338-1027.

Maisul, H. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Menggunakan Software Exe-Learning pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X Di SMA/MA. IAIN Batusangkar.

Rahim, A., Jufrida., & Susanti, N. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Discovery Lerning Menggunakan 3D PageFlip Professional pada Materi Gerak Lurus untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2. No 1. 2017. hal 1-11.

Saputri, I., Jufrida., & Pathoni, H. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D PageFlip Professional pada Materi Radioaktivitas dan Reaksi Nuklir Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2. No 1. 13 September 2017. hal 1-12 ISSN: 2548-6225.

Sari, W., Jufrida., & Pathoni, H. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D PageFlip Professional pada Materi Konsep Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2. No 1. Juni 2017. hal 38-50. ISSN: 2548-6225.

Sri, M., Marjoni, I., & Eza, R. P. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Konstruktivisme Untuk Kelas X SMA. Journal of Teaching and Learning Physics. Vol 5. No 1. 2020. hal 1-18. ISSN: 2528-5505.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 1; Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Ani, A. A., Hadiati, S., & Sari, I. N. (2022). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PRAKTIKUM IPA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS IX. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 5(2), 51–58. https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4234