REMEDIASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KOMIK PADA MATERI PENGUKURAN JANGKA SORONG DAN MIKROMETER SEKRUP KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP

Authors

  • Okta Triana IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Fajar Saputri IKIP PGRI Pontianak
  • Boisandi Boisandi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6233

Keywords:

Remediation, Learning Outcomes, and Comic Teaching Materials

Abstract

Penelitian ini bertujuan secara umum adalah untuk mendapatkan informasi objektif mengenai remediasi hasil belajar siswa menggunakan sumber belajar lain pada materi pengukuran jangka sorong dan mikrometer sekrup kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sungai Kakap. Adapun tujuan secara khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa sebelum diremediasi; (2) hasil belajar siswa setelah diremediasi menggunakan bahan ajar buku paket dan komik; (3) efektivitas bahan ajar komik sebagai bahan ajar untuk remediasi siswa pada materi pengukuran jangka sorong dan mikrometer sekrup kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sungai Kakap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal berbentuk pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan remediasi pada kelas kontrol sebesar 63,1 dengan standar deviasinya 4,04 dan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 67,6 dengan standar deviasinya 3,48, kemudian rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan remediasi pada kelas kontrol sebesar 46,6  dengan standar deviasinya 16,3 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 90,1 dengan standar deviasinya 8,62. selanjutnya dari perhitungan effect size diperoleh harga effect size sebesar 1,3 pada kelas kontrol dan 3,6 pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh remediasi hasil belajar siswa pada materi pengukuran jangka sorong dan mikrometer sekrup pada kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar komik tergolong tinggi yang dilihat dari nilai hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Okta Triana, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

References

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital pada Materi Gerak. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 97-104.

Herdyana, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Komik sebagai Media Pembelajaran untuk Menignkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat, 20-24.

Narestuti , A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Bioedusiana , 305-317.

Nurvianti, I., Astalini, A., & Sarkowi, A. (2018). Penggunaan Komik pada Pembelajaran Fluida Statis di Kelas XI Ipa SMA Negeri 2 Kota Jambi Tahun 2017. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 59-65.

Ponda, A. R., Tandililing, E., & Hamdani, H. (2018). Remediasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Suhu dengan Direct Instruction Berbatuan Video di MTS Al Muhajirin Rasau Jaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-8.

Purwasih, P., Tandililing, E., & Mahmuda, M. (2020). Remediasi Miskonsepsi menggunakan Model POE Berbantuan Media Komik pada Materi Gerak Lurus di SMP Darut Tauhid Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1-10.

Sari, G. N., Saputri, D. F., & Nofita, S. I. (2021). Remediasi Hasil Belajar Fisika dengan Media Power Point pada Materi Hukum Newton untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 45-49.

Somad, M. A., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science, 1-5.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 62-68.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Triana, O., Saputri, D. F., & Boisandi, B. (2023). REMEDIASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KOMIK PADA MATERI PENGUKURAN JANGKA SORONG DAN MIKROMETER SEKRUP KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 6(1), 31–36. https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6233