PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS YOUTUBE BERBANTU EDPUZZLE PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP NEGERI 16 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6488Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Youtube, Edpuzzle, Listrik Dinamis.Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini yang berkembang cepat, yang memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Jumlah pengguna internet dalam pembelajaran siswa terus mengalami peningkatan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat kelayakan serta melihat respon siswa terhadap bahan ajar digital berbasis Youtube berbantu Edpuzzle. Untuk mencapai tujuan tersebut, dikembangkanlah bahan ajar digital berbasis Youtube berbantu Edpuzzle dengan materi Listrik Dinamis untuk kelas IX SMPN 16 Pontianak. Metode penelitian yang digunankan pada penelitian ini adalah metode R&D dengan model ADDIE, namun tahapan penelitian ini hanya terdiri dari 3 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development). Dengan manfaat hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi atau referensi juga bacaan bagi mahasiswa atau pun peneliti selanjutnya terutama yang meneliti mengenai topik yang sama yakni mengenai pengembangan media pembelajaran. Validasi hasil pengembangan bahan ajar digital berbasis Youtube berbantu Edpuzzle dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta respon siswa. Berdasarkan hasil validasi serta respon siswa menunjukkan pengembangan bahan ajar digital berbasis Youtube berbantu Edpuzzle layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Amalia, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Asam Basa Di MAN 2 Banda Aceh. Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 56-59.
Amaliah. (2020). Implementation Of Edpuzzle To Improve Students’ Analytical Thinking Skill In Narrative Text. Jurnal Ilmu Bahasa Inggris dan Sastra Program Studi Sastra Inggris Universitas Trunajaya, 37.
ANDRIAN, H. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA. Dipetik 03 20, 2023, dari unismuh.ac.id: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/32721-Full_Text.pdf
Aula, T. M. (2020). IMPROVING STUDENTS’LISTENING SKILLS USING EdPuzzle E-LEARNING AS A TOOL (A Classroom Action Research for the Seventh-Grade Students of SMP PGRI Ampelin the Academic Year of 2019/2020). 25.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.
Briggs, G. d. (1975). Instructional Technology: Foundations. Hillsddale: Lawrence Erlmaun Assciates, Publishers.
Firdaus, H. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(2), 100-108.
Herminingsih, H. N. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 79-84., 81.
Indonesia, D. P. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Jayani, D. H. (2021, 4 30). datapublish. Dipetik 1 27, 2023, dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/30/siswa-indonesia-kehilangan-033-tahun-waktu-belajar-akibat-pandemi
Kemendikbud. (2019). hasilun. Dipetik 1 27, 2023, dari pusmendik.kemdikbud.go.id: https://hasilun.pusmendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian!13&99&999!T&T&T&T&1&!2!&
Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.
PUTERI, D. A. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEMANFAATKAN EDPUZZLE PADAMATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 100 JAKARTA. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Putra. (2019, 10 23). Pengertian Android. Dipetik 4 13, 2023, dari Salamadian: https://salamadian.com/pengertian-android/
RAMDAN, A. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN EDPUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX SMP. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Safitri, M. &. (2022). ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 51-59., 53.
Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Academia Publication.
Sara, N. (2023). Pengaruh Integrasi Video Interaktif Edpuzzle dalam Moodle terhadap Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Siliwangi: Universitas Siliwangi.
Silverajah, G. S. (2018). The Use Edpuzzle to Support Low Archiever’s Development of Self-Regulated Learning and their Learning of Chemistry. (hal. 18(4)). Proceedings of Education Technology and Computers.
Sirri, E. L. (2020). Implementasi edpuzzle berbantuan whatsapp group sebagai alternatif pembelajaran daring pada era pandemi. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 67-72.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Sundi, V. H. (2021). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. (Vol. 1, No. 1).
Syepna, I. R. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Dengan Berbasis HTML Dan CSS. (hal. 6). Cirebon: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM).
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- nopi intarti, Dwi Fajar Saputri, Eka Trisianawati, PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MEREMEDIASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI MOMENTUM , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Muhammad Fahri Raiska Putra, Muhamad Firdaus, Lia Angraeni, Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis di Kelas XI IPA 1 Mempawah Hilir , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Listia Fidia, Handy Darmawan, Lia Angraeni, HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BENGKAYANG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)