PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS YOUTUBE BERBANTU EDPUZZLE PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP NEGERI 16 PONTIANAK

Authors

  • Gratia Theodora Bawole IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Fajar Saputri IKIP PGRI Pontianak
  • Lia Angraeni IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6488

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Youtube, Edpuzzle, Listrik Dinamis.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini yang berkembang cepat, yang memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Jumlah pengguna internet dalam pembelajaran siswa terus mengalami peningkatan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat kelayakan serta melihat respon siswa terhadap bahan ajar digital berbasis Youtube berbantu Edpuzzle. Untuk mencapai tujuan tersebut, dikembangkanlah bahan ajar digital berbasis Youtube berbantu Edpuzzle dengan materi Listrik Dinamis untuk kelas IX SMPN 16 Pontianak. Metode penelitian yang digunankan pada penelitian ini adalah metode R&D dengan model ADDIE, namun tahapan penelitian ini hanya terdiri dari 3 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development). Dengan manfaat hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi atau referensi juga bacaan bagi mahasiswa atau pun peneliti selanjutnya terutama yang meneliti mengenai topik yang sama yakni mengenai pengembangan media pembelajaran. Validasi hasil pengembangan bahan ajar digital berbasis Youtube berbantu Edpuzzle dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta respon siswa. Berdasarkan hasil validasi serta respon siswa menunjukkan pengembangan bahan ajar digital berbasis Youtube berbantu Edpuzzle layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Asam Basa Di MAN 2 Banda Aceh. Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 56-59.

Amaliah. (2020). Implementation Of Edpuzzle To Improve Students’ Analytical Thinking Skill In Narrative Text. Jurnal Ilmu Bahasa Inggris dan Sastra Program Studi Sastra Inggris Universitas Trunajaya, 37.

ANDRIAN, H. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA. Dipetik 03 20, 2023, dari unismuh.ac.id: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/32721-Full_Text.pdf

Aula, T. M. (2020). IMPROVING STUDENTS’LISTENING SKILLS USING EdPuzzle E-LEARNING AS A TOOL (A Classroom Action Research for the Seventh-Grade Students of SMP PGRI Ampelin the Academic Year of 2019/2020). 25.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.

Briggs, G. d. (1975). Instructional Technology: Foundations. Hillsddale: Lawrence Erlmaun Assciates, Publishers.

Firdaus, H. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(2), 100-108.

Herminingsih, H. N. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 79-84., 81.

Indonesia, D. P. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Jayani, D. H. (2021, 4 30). datapublish. Dipetik 1 27, 2023, dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/30/siswa-indonesia-kehilangan-033-tahun-waktu-belajar-akibat-pandemi

Kemendikbud. (2019). hasilun. Dipetik 1 27, 2023, dari pusmendik.kemdikbud.go.id: https://hasilun.pusmendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian!13&99&999!T&T&T&T&1&!2!&

Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.

PUTERI, D. A. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEMANFAATKAN EDPUZZLE PADAMATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 100 JAKARTA. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Putra. (2019, 10 23). Pengertian Android. Dipetik 4 13, 2023, dari Salamadian: https://salamadian.com/pengertian-android/

RAMDAN, A. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN EDPUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX SMP. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Safitri, M. &. (2022). ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 51-59., 53.

Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Academia Publication.

Sara, N. (2023). Pengaruh Integrasi Video Interaktif Edpuzzle dalam Moodle terhadap Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Siliwangi: Universitas Siliwangi.

Silverajah, G. S. (2018). The Use Edpuzzle to Support Low Archiever’s Development of Self-Regulated Learning and their Learning of Chemistry. (hal. 18(4)). Proceedings of Education Technology and Computers.

Sirri, E. L. (2020). Implementasi edpuzzle berbantuan whatsapp group sebagai alternatif pembelajaran daring pada era pandemi. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 67-72.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Sundi, V. H. (2021). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. (Vol. 1, No. 1).

Syepna, I. R. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Dengan Berbasis HTML Dan CSS. (hal. 6). Cirebon: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM).

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Bawole, G. T., Saputri, D. F., & Angraeni, L. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS YOUTUBE BERBANTU EDPUZZLE PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP NEGERI 16 PONTIANAK. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6488

Conference Proceedings Volume

Section

Articles