Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Video Cinematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran di Kelas VII Smp Negeri 7 Sungai Raya
Nana Cahyadi Saputra, Dwi Fajar Saputri, Boisandi
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6492Keywords:
Video Pembelajaran, Video Cinematik, Pengukuran.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dilakukan penerapan video pembelajaran berbasis video cinematik pada materi pengukuran dikelas  VII  SMPN 7 Sungai Raya, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan video pembelajaran berbasis video cinematik pada materi pengukuran dikelas VII SMPN 7 Sungai Raya, 3). Untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah dilakukan penerapan video pembelajaran berbasis video cinematik pada materi pengukuran di kelas VII SMPN 7 Sugai Raya. Lokasi penelitan diadakan di SMPN 7 Sungai Raya. Sampel penelitian menggunakan perwakilan siswa kelas VII yang berjumlah 14 orang dari kelas VII C. Materi yang dibahas adalah materi pengukuran dari pelajaran ipa. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan Penerapan video pembelajaran berbasis video cinematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran dikelas VII SMP Negeri 7 Sungai Raya. Respon yang didapat dari hasil angket respon siswa adalah repon baik dengan nilai tampilan 80, penyajian materi 85, dan segi kegunaan 75 hasil rata -rata adalah 76% dengan kriteria layak digunakan untuk pembelajaran disekolah.
Downloads
References
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. jurnal Al-Hikmah,, 1(1).
Barlenti, I. H. (2017). pengembangan LKS berbasis project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. . jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)5(1), 81-86.
Effendi, M. S. (2013). Desain eksperimental dalam penelitian pendidikan. Jurnal Perspektif Pendidikan, 87-102.
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, D. P. (2021). engaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, , 13(1), 1-11.
Wisada, P. D. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 140-146.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.