Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Video Cinematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran di Kelas VII Smp Negeri 7 Sungai Raya

Nana Cahyadi Saputra, Dwi Fajar Saputri, Boisandi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6492

Keywords:

Video Pembelajaran, Video Cinematik, Pengukuran.

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk 1)  Untuk  mengetahui  hasil  belajar  siswa  sebelum  dilakukan  penerapan  video  pembelajaran  berbasis  video  cinematik  pada  materi  pengukuran  dikelas  VII  SMPN  7  Sungai  Raya, 2)  Untuk  mengetahui  hasil  belajar  siswa  setelah  dilakukan  penerapan  video  pembelajaran  berbasis  video  cinematik  pada  materi  pengukuran  dikelas  VII  SMPN  7  Sungai  Raya,  3).  Untuk  mengetahui  bagaimana  respon  siswa  setelah  dilakukan  penerapan  video  pembelajaran  berbasis  video  cinematik  pada  materi  pengukuran  di  kelas  VII  SMPN  7  Sugai  Raya.  Lokasi  penelitan  diadakan  di  SMPN  7  Sungai  Raya. Sampel  penelitian  menggunakan  perwakilan  siswa  kelas  VII  yang  berjumlah  14  orang  dari  kelas  VII C. Materi  yang  dibahas  adalah  materi  pengukuran  dari  pelajaran  ipa. Hasil  penelitian  menujukkan  adanya  peningkatan  hasil  Hasil  penelitian  menunjukan  adanya  peningkatan  hasil  belajar  siswa  sebelum  dan  sesudah  dilakukan  Penerapan  video  pembelajaran  berbasis  video  cinematik  untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Siswa  pada Materi  Pengukuran  dikelas VII  SMP Negeri  7  Sungai  Raya. Respon  yang  didapat  dari  hasil  angket  respon  siswa  adalah  repon  baik  dengan  nilai  tampilan  80, penyajian  materi  85, dan  segi  kegunaan 75 hasil  rata -rata adalah  76%  dengan  kriteria  layak  digunakan  untuk  pembelajaran disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. jurnal Al-Hikmah,, 1(1).

Barlenti, I. H. (2017). pengembangan LKS berbasis project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. . jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)5(1), 81-86.

Effendi, M. S. (2013). Desain eksperimental dalam penelitian pendidikan. Jurnal Perspektif Pendidikan, 87-102.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, D. P. (2021). engaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, , 13(1), 1-11.

Wisada, P. D. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 140-146.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Video Cinematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran di Kelas VII Smp Negeri 7 Sungai Raya: Nana Cahyadi Saputra, Dwi Fajar Saputri, Boisandi . (2024). JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6492

Conference Proceedings Volume

Section

Articles