HASIL VALIDASI KONTENT LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS METAKOGNISI DAN ASESMEN PROYEK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.6498Keywords:
Metakognisi, Asesmen Proyek, Pembelajaran FisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi konten LKPD pada pembelajaran fisika berbasis metakognisi dan asesmen proyek. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi tidak langsung dengan alat berupa angket validasi tim ahli. Sedangkan intrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil validasi ahli materi dan ahli media dapat diketahui hasil validasi ahli materi sebesar 87.5% dengan kategori sangat layak sedangkan ahli media 89.5 dengan kategori sangat layak.
Downloads
References
Agusmanto, S., & Kandar, S. (2015). MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT. JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN, 3(2). 10-12.
Amir, M. F. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117-128.
Amri, A., & Tharihk, A. J. (2018). Pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 103-112.
Hanafiah. Dkk. (2020). Pengantar statiska. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Mahromah, L. A., & Manoy, J. T. (2013). Identifikasi tingkat metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan perbedaan skor
matematika. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 2(1). 8.
Nindiasari, H. (2011). Pengembangan bahan ajar dan instrumen untuk meningkatkan berpikir reflektif
matematis berbasis pendekatan metakognitif pada siswa sekolah menengah atas (SMA). In Seminar Nasional MAtematika Dan Pendidikan MAtematika. 25-30.
Undang-undang Republik Indonesia no.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. 265-275.
Uslan, U., Basri, I., & Muh, A. S. (2018). Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.31.
Kurniasari, L. Y., & Wasis, W. 2021. Analisis Kemampuan Multi Representasi Dan Kaitannya Dengan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 16 (2), 142-150.
Risnanosanti, R. (2008). Kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 4-7.
Ratnawati, E., & Rodiyana, R. (2020, November). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design terhadap kemampuan Metakognitif Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 193-200.
Pamungkas, Z. S., Aminah, N. S., & Nurosyid, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi sains berdasarkan tingkat kemampuan metakognisi. 161-169
Widiana, I. Wayan. "Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). 20-29.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.