HASIL VALIDASI KONTENT LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS METAKOGNISI DAN ASESMEN PROYEK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA

Authors

  • Erni Widias Tuti Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.6498

Keywords:

Metakognisi, Asesmen Proyek, Pembelajaran Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi konten LKPD pada pembelajaran fisika berbasis metakognisi dan asesmen proyek. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi tidak langsung dengan alat berupa angket validasi tim ahli. Sedangkan intrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil validasi ahli materi dan ahli media dapat diketahui hasil validasi ahli materi sebesar 87.5% dengan kategori sangat layak sedangkan ahli media 89.5 dengan kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Erni Widias Tuti, Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Fakultas Pendidikan MIPA Teknologi, 2018

References

Agusmanto, S., & Kandar, S. (2015). MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT. JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN, 3(2). 10-12.

Amir, M. F. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117-128.

Amri, A., & Tharihk, A. J. (2018). Pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 103-112.

Hanafiah. Dkk. (2020). Pengantar statiska. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Mahromah, L. A., & Manoy, J. T. (2013). Identifikasi tingkat metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan perbedaan skor

matematika. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 2(1). 8.

Nindiasari, H. (2011). Pengembangan bahan ajar dan instrumen untuk meningkatkan berpikir reflektif

matematis berbasis pendekatan metakognitif pada siswa sekolah menengah atas (SMA). In Seminar Nasional MAtematika Dan Pendidikan MAtematika. 25-30.

Undang-undang Republik Indonesia no.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. 265-275.

Uslan, U., Basri, I., & Muh, A. S. (2018). Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.31.

Kurniasari, L. Y., & Wasis, W. 2021. Analisis Kemampuan Multi Representasi Dan Kaitannya Dengan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 16 (2), 142-150.

Risnanosanti, R. (2008). Kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 4-7.

Ratnawati, E., & Rodiyana, R. (2020, November). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design terhadap kemampuan Metakognitif Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 193-200.

Pamungkas, Z. S., Aminah, N. S., & Nurosyid, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi sains berdasarkan tingkat kemampuan metakognisi. 161-169

Widiana, I. Wayan. "Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). 20-29.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Tuti, E. W. (2023). HASIL VALIDASI KONTENT LKPD PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS METAKOGNISI DAN ASESMEN PROYEK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 6(2), 35–41. https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.6498

Conference Proceedings Volume

Section

Articles