Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Getaran dan Gelombang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6517

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Android, Articulate Storylone 3, Getaran dan Gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan respon dan hasil sebelu, dan sesudah menggunakan media pembelajaram interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi getaran dan gelombang. Metode penelitian ini mengggunakan metode R & D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII MTS AL-AZIZ Sui. Ambawang yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Teknik komunikasi langsung (wawancara). Sedangkan instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan, yaitu 1) Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 85% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 92% dengan kategori sangat layak. 2) Hasil angket respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 memperoleh skor rata-rata 93% dengan kategori sangat layak. 3) Hasil penilaian dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif ini memperoleh nilai N-gain dengan skor rata-rata 0,65 kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Matsun, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

Boisandi, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

References

Alhadi, D. F., & Cholik, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Intraktif Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Pelajaran Gambar Teknik Kelas X SMK Negeri 1 Sidoarjo. JPTM, 11(1), 126-132.

Alshareef, F. (2018). The Importance of Using Mobile Learning in Supporting Teaching and Learning of English Language in the Secondary Stage. Journal of Education and Practice, 9(15), 71-88. https:/ / doi.org/10.7176/JEP

Aminatul, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Hukum Newton dengan Pendekatan Konstektual di Tingkat SMP (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris IPA).

Amiroh. (2020). Mahir Membuat Interaktif Articulate Storyline. Pustakan Ananda Srva.

Anggraeni, R. D., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), 11-18.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Darmawan, D. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-33.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 36-42.

Hasnawati, Ruslan, & Sugiarti. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Pokok Asam Basa. Chemistry Education Review (CER),2(2), 49-57.

Juarsih, L. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Usaha (Kerja) Dan Energi Bagi SMAN 1 Plakat Tinggi. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 55-56.

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35.

Purnama, S. I., & Asto B, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elekto, 3(2), 275-279.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhdap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122-130.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulisworo, D. (2012). Enabling ICT and knowledge management to enhance competitiveness of hingher education institutions. International journal of Education, 4(1), 112-121.

Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99-110.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Yamin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Integritas Nasional dalam Bhineka Tunggal Ika bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(2), 153-167.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Selviyani, S. S., Matsun, & Boisandi. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Getaran dan Gelombang. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6517

Conference Proceedings Volume

Section

Articles