Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Getaran dan Gelombang
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6517Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Android, Articulate Storylone 3, Getaran dan GelombangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan respon dan hasil sebelu, dan sesudah menggunakan media pembelajaram interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi getaran dan gelombang. Metode penelitian ini mengggunakan metode R & D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII MTS AL-AZIZ Sui. Ambawang yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Teknik komunikasi langsung (wawancara). Sedangkan instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan, yaitu 1) Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 85% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 92% dengan kategori sangat layak. 2) Hasil angket respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 memperoleh skor rata-rata 93% dengan kategori sangat layak. 3) Hasil penilaian dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif ini memperoleh nilai N-gain dengan skor rata-rata 0,65 kategori sedang.
Downloads
References
Alhadi, D. F., & Cholik, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Intraktif Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Pelajaran Gambar Teknik Kelas X SMK Negeri 1 Sidoarjo. JPTM, 11(1), 126-132.
Alshareef, F. (2018). The Importance of Using Mobile Learning in Supporting Teaching and Learning of English Language in the Secondary Stage. Journal of Education and Practice, 9(15), 71-88. https:/ / doi.org/10.7176/JEP
Aminatul, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Hukum Newton dengan Pendekatan Konstektual di Tingkat SMP (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris IPA).
Amiroh. (2020). Mahir Membuat Interaktif Articulate Storyline. Pustakan Ananda Srva.
Anggraeni, R. D., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), 11-18.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.
Darmawan, D. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-33.
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 36-42.
Hasnawati, Ruslan, & Sugiarti. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Pokok Asam Basa. Chemistry Education Review (CER),2(2), 49-57.
Juarsih, L. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Usaha (Kerja) Dan Energi Bagi SMAN 1 Plakat Tinggi. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 55-56.
Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35.
Purnama, S. I., & Asto B, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elekto, 3(2), 275-279.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhdap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122-130.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulisworo, D. (2012). Enabling ICT and knowledge management to enhance competitiveness of hingher education institutions. International journal of Education, 4(1), 112-121.
Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99-110.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif Publisher.
Yamin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Integritas Nasional dalam Bhineka Tunggal Ika bagi Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(2), 153-167.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.