PENERAPAN MODEL GENERATIVE MULTI-REPRESENTASION LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6538Keywords:
Generative Multi-Representation Learning (GMRL), Kemampuan PenalaranAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa pada kelas eksperimen setelah terapkan model generative multi-representation learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak. 2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa pada kelas kontrol setelah terapkan model pembelajaran demonstrasi/ceramah berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak. 3) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa mana yang lebih baik antara kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan dengan bentuk quasi experimental designs. Penelitian ini menggunakan rancangan Posttest Only Kontrol Group Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak berjumlah 32 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) kemampuan penalaran siswa pada kelas eksperimen setelah terapkan model generative multi-representation learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak adalah dengan rerata sebesar 98,66 dengan kategori sangat baik; 2) kemampuan penalaran siswa pada kelas kontrol setelah terapkan model ceramah berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak dengan rerata sebesar 88,33 dengan kategori sangat baik; 3) terdapat perbedaan signifikan kemampuan penalaran setelah diberikan model pembelajaran generative multi-representation learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak terhadap kemampuan penalaran siswa.
Downloads
References
Abi Hamid, M, Dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60.
Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224-236.
Angelina, S. (2021). Literature Review Sistematis Tentang Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Ipa Di Smp
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asfar, A. I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). Model Pembelajaran Connecting, Extending, Review: Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran. Media Sains Indonesia.
Asfar, A. M. I. T., Trisnowali, A., Dahlan, J. A., Prabawanto, S., Asfar, A. M. I. A., & Nurannisa, A. (2022). Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristics Berkearifan Lokal.
Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R., & Se, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.
Dhiu, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Iii Sdi Oetete 2 Kupang. Jurnal Gatranusantara, 18(2), 237-242.
Djulia, E., Hasruddin, H., Arwita, W., Simatupang, Z., Brata, W. W. W., Sipayung, M., .& Purnama, D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi. Yayasan Kita Menulis.
Effriyanti, Edy Tandililing, And Agung Hartoyo. (2017). Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Peserta Didik Smp. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 (2).
Febri Ichwan Butsi Dan Dalyanto. 2016. Metode Pembelajaran Dan Kepribadian Ekstrovert Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah. Volume 17 No 1.
Habibi, M. 2018. Self-Determination In Mathematics Learning Process By Using Generative Multi–Representation Learning (Gmrl) Model. In Journal Of Physics: Conference Series, 1097:012155. Iop Publishing,
Habibi, M., Darhim, D., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dan Lks Berbasis Generative Multi-Representation Learning (Gmrl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 341-350.
Habibi, M., Darhim, D., & Turmudi, T. (2019).Pengembangan Bahan Ajar Dan Lks Berbasis Generative Multi-Representation Learning (Gmrl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 341-350.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Hastuti, E. S., & Hidayati, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Ditinjau Terhadap Hasil Belajar Ipa Dari Kemampuan Komunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 5(1), 25-31.
Icha, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Gmrl Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Peserta Didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Ishak, N. H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Iii Sdn 7 Tilongkabila Kab. Bonebolango. Skripsi, 1(151413067).
Lefudin, L. (2017). Belajar Dan Pembelajaran: Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Lestari, K. (2020). Buku Ajar: Aplikasi Bahan Ferrit.
Lestari, S., Andinasari, A., & Retta, A. M. (2020). Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 44-51.
Maharani, R. J. P., Taufik, M., Ayub, S., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Bantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 6(1), 113-118.Sugiyono (2016:61)
Maryani, I. (2016). Pengembangan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Ika Maryani.
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8-16.
Nawawi, R. P. (2015). Meningkatkan Keterampilan Chestpass Pada Permainan Bolabasket Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Tapa. Skripsi, 1(831410305).
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran.Deepublish.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa Sma. Jpf (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.
Putri, M. A., Romdanih, R., & Oktaviana, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Melalui Metode Picture And Picture. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara.
Rostina, M. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 43-53.
Rukiyah, S., Widiyastuti, R., & Thahir, A. (2020). Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (Dmr) Dengan Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 8(2), 32-42.
Salirawati, D. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Bumi Aksara.
Saputro, A. N. C., Suhelayanti, S., Chabibah, N., Bermuli, J. E., Sinaga, K., Fauzi, A., ...& Fayanto, S. (2021). Pembelajaran Sains. Yayasan Kita Menulis.
Siti Rukiyah, Rany Widiyastuti, Dan Andi Thahir. 2020. Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (Dmr) Dengan Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis.Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika. Vol.8 No.2.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarsih, S. (2020). Ensiklopedia Sains: Perkembangbiakan Makhluk Hidup, Air, Hidup Sehat, Gaya Dan Gerak, Tata Surya. Alprin.
Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berfikir Kritis Siswa Smp Negeri 2 Moga. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 16-27.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran Ipa. Bumi Aksara.
Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Irdh Book Publisher.
Zulfikar, R. N. 2019. Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Smk Kesehatan Nusantara Kupang. Jurnal Inovasi Matematika. Volume 1(2), 91-98
Perkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Eka Trisianawati, Ita Ita, Kristiana Fitria, ANALISIS KELENGKAPAN ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM IPA SEKOLAH DI KOTA PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Nofani Sholy Safitri, Tomo Djudin, Eka Trisianawati, IDENTIFKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 SUNGAI KAKAP , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Deti Novianti Wulandari, Anita Anita, Eka Trisianawati, pengembangan bahan ajar fisika berbasis buku fabel berkarakter pada materi gerak lurus beraturan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- nopi intarti, Dwi Fajar Saputri, Eka Trisianawati, PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MEREMEDIASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI MOMENTUM , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Agustina Friastuti haryanti, Handy Darmawan, Eka Trisianawati, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA MATERI KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 EMBALOH HULU KEC. EMBALOH HULU KABUPATEN KAPUAS HULU , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Roki Desandi, Eka Trisianawati, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA PADA SUB MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII MTS. ISLAMIYAH PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA