PENERAPAN MODEL GENERATIVE MULTI-REPRESENTASION LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 PONTIANAK

Authors

  • Anselma Felisitas Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontanak
  • Ira Novita Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Eka Trisianawati IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6538

Keywords:

Generative Multi-Representation Learning (GMRL), Kemampuan Penalaran

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa pada kelas eksperimen setelah terapkan model generative multi-representation learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak. 2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa pada kelas kontrol setelah terapkan model pembelajaran demonstrasi/ceramah berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak. 3) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa mana yang lebih baik antara kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan dengan bentuk quasi experimental designs. Penelitian ini menggunakan rancangan Posttest Only Kontrol Group  Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak berjumlah 32 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) kemampuan penalaran siswa pada kelas eksperimen setelah terapkan model generative multi-representation learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak adalah dengan rerata sebesar 98,66 dengan kategori sangat baik; 2) kemampuan penalaran siswa pada kelas kontrol setelah terapkan model ceramah berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak dengan rerata sebesar 88,33 dengan kategori sangat baik; 3) terdapat perbedaan signifikan kemampuan penalaran setelah diberikan model pembelajaran generative multi-representation  learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak terhadap kemampuan penalaran siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anselma Felisitas, Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontanak

Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Ira Novita Sari, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Fisika

Eka Trisianawati, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Biologi

References

Abi Hamid, M, Dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60.

Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224-236.

Angelina, S. (2021). Literature Review Sistematis Tentang Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Ipa Di Smp

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asfar, A. I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). Model Pembelajaran Connecting, Extending, Review: Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran. Media Sains Indonesia.

Asfar, A. M. I. T., Trisnowali, A., Dahlan, J. A., Prabawanto, S., Asfar, A. M. I. A., & Nurannisa, A. (2022). Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristics Berkearifan Lokal.

Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R., & Se, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Dhiu, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Iii Sdi Oetete 2 Kupang. Jurnal Gatranusantara, 18(2), 237-242.

Djulia, E., Hasruddin, H., Arwita, W., Simatupang, Z., Brata, W. W. W., Sipayung, M., .& Purnama, D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi. Yayasan Kita Menulis.

Effriyanti, Edy Tandililing, And Agung Hartoyo. (2017). Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Peserta Didik Smp. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 (2).

Febri Ichwan Butsi Dan Dalyanto. 2016. Metode Pembelajaran Dan Kepribadian Ekstrovert Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah. Volume 17 No 1.

Habibi, M. 2018. Self-Determination In Mathematics Learning Process By Using Generative Multi–Representation Learning (Gmrl) Model. In Journal Of Physics: Conference Series, 1097:012155. Iop Publishing,

Habibi, M., Darhim, D., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dan Lks Berbasis Generative Multi-Representation Learning (Gmrl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 341-350.

Habibi, M., Darhim, D., & Turmudi, T. (2019).Pengembangan Bahan Ajar Dan Lks Berbasis Generative Multi-Representation Learning (Gmrl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 341-350.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Hastuti, E. S., & Hidayati, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Ditinjau Terhadap Hasil Belajar Ipa Dari Kemampuan Komunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 5(1), 25-31.

Icha, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Gmrl Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Peserta Didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ishak, N. H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Iii Sdn 7 Tilongkabila Kab. Bonebolango. Skripsi, 1(151413067).

Lefudin, L. (2017). Belajar Dan Pembelajaran: Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, K. (2020). Buku Ajar: Aplikasi Bahan Ferrit.

Lestari, S., Andinasari, A., & Retta, A. M. (2020). Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 44-51.

Maharani, R. J. P., Taufik, M., Ayub, S., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Bantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 6(1), 113-118.Sugiyono (2016:61)

Maryani, I. (2016). Pengembangan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Ika Maryani.

Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8-16.

Nawawi, R. P. (2015). Meningkatkan Keterampilan Chestpass Pada Permainan Bolabasket Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Tapa. Skripsi, 1(831410305).

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran.Deepublish.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa Sma. Jpf (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.

Putri, M. A., Romdanih, R., & Oktaviana, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Melalui Metode Picture And Picture. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara.

Rostina, M. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 212 Bontobangun Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 43-53.

Rukiyah, S., Widiyastuti, R., & Thahir, A. (2020). Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (Dmr) Dengan Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 8(2), 32-42.

Salirawati, D. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Bumi Aksara.

Saputro, A. N. C., Suhelayanti, S., Chabibah, N., Bermuli, J. E., Sinaga, K., Fauzi, A., ...& Fayanto, S. (2021). Pembelajaran Sains. Yayasan Kita Menulis.

Siti Rukiyah, Rany Widiyastuti, Dan Andi Thahir. 2020. Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (Dmr) Dengan Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis.Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika. Vol.8 No.2.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarsih, S. (2020). Ensiklopedia Sains: Perkembangbiakan Makhluk Hidup, Air, Hidup Sehat, Gaya Dan Gerak, Tata Surya. Alprin.

Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berfikir Kritis Siswa Smp Negeri 2 Moga. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 16-27.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran Ipa. Bumi Aksara.

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Irdh Book Publisher.

Zulfikar, R. N. 2019. Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Smk Kesehatan Nusantara Kupang. Jurnal Inovasi Matematika. Volume 1(2), 91-98

Perkasa.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Felisitas, A., Sari, I. N., & Trisianawati, E. (2024). PENERAPAN MODEL GENERATIVE MULTI-REPRESENTASION LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 PONTIANAK. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.6538

Conference Proceedings Volume

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)