PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA

Desi, Anita, Lukman Hakim

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.7117

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kelayakan modul fisika menurut ahli materi dan ahli media 2) Tingkat kerpaktisan modul 3) Respon siswa terhadap modul. Penelitian menggunakan metode ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD yang meliputi analisis (analysis), desain (design), dan pengembangan (development). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar respon siswa dan lembar kepraktisan. Validasi materi terdiri satu dosen dan satu guru mata pelajaran IPA. Validasi ahli media meliputi satu dosen dan satu guru mata pelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan, kepraktisan, dan respon siswa terhadapat modul dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil perhitungan tingkat kelayakan produk yang dianalisis dengan dua instrument yaitu lembar validasi ahli materi dan media, pada instrument materi diperoleh rata-rata 86% dengan kriteria sangat layak dan instrument media diperoleh rata-rata 95% dengan kriteria sangat layak. 2) hasil tingkat kepraktisan produk diperoleh hasil rata-rata 80% dengan kriteria sangat praktis. 3) hasil perhitungan respon siswa diperoleh hasil rata-rata 79% dengan kriteria sangat setuju. Disini dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis saintifik pada materi gerak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan metakognisi siswa sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan oleh siswa dan guru sebagai pendukung dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Berpikir Kritis, Metakognisi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA: Desi, Anita, Lukman Hakim. (2024). JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.7117

Conference Proceedings Volume

Section

Articles