PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI GERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA
Desi, Anita, Lukman Hakim
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v7i1.7117Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kelayakan modul fisika menurut ahli materi dan ahli media 2) Tingkat kerpaktisan modul 3) Respon siswa terhadap modul. Penelitian menggunakan metode ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD yang meliputi analisis (analysis), desain (design), dan pengembangan (development). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar respon siswa dan lembar kepraktisan. Validasi materi terdiri satu dosen dan satu guru mata pelajaran IPA. Validasi ahli media meliputi satu dosen dan satu guru mata pelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan, kepraktisan, dan respon siswa terhadapat modul dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil perhitungan tingkat kelayakan produk yang dianalisis dengan dua instrument yaitu lembar validasi ahli materi dan media, pada instrument materi diperoleh rata-rata 86% dengan kriteria sangat layak dan instrument media diperoleh rata-rata 95% dengan kriteria sangat layak. 2) hasil tingkat kepraktisan produk diperoleh hasil rata-rata 80% dengan kriteria sangat praktis. 3) hasil perhitungan respon siswa diperoleh hasil rata-rata 79% dengan kriteria sangat setuju. Disini dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis saintifik pada materi gerak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan metakognisi siswa sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan oleh siswa dan guru sebagai pendukung dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Berpikir Kritis, Metakognisi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 IKIP PGRI Pontianak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.