PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 TAYAN HILIR

Authors

  • Dian Afriyani SDN 2 Tayan, Sanggau, Kalimantan Barat
  • Boisandi Boisandi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.920

Keywords:

STM, Eksperimen, Demonstrasi, Kemandirian Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar  Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Opika Geometri Kelas X di SMA Negeri 1 Tayan Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian factorial design dan rancangan penelitian desain faktorial . Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada materi optika geometri yang diterapkan model sains teknologi masyarakat menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi adalah 75 dan 71. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata kemandirian belajar kelas metode eksperimen 67 sedangkan kelas metode demonstrasi 68. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji friedman anova dua jalan untuk kemandirian belajar siswa diperoleh P-value 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan hasil perhitungan uji friedmananova dua jalan untuk model pembelajaran menggunakan metode adalah terdapat pengaruh dengan P-value 0,000 < 0,05 sehinggan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Young & Freedman. (2003). Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga.

Darmawan, H. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Media ENV LEARN dan Animasi Flash Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Tesis Universitas Sebelas Maret Surakarta: tidak diterbitkan.

Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat, Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

Afriyani, D., & Boisandi, B. (2018). PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 TAYAN HILIR. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.920