Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia)

Authors

  • puji rahmawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi
  • Nurul Apsari

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.905

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Sekolah, Perbatasan

Abstract

Proses pertukaran mata uang antara rupiah dan ringgit menurut pengamatan peneliti adalah suatu masalah yang harus diperhatikan dan cukup serius, karena sering terjadinya kerugian masyarakat atas jual beli yang terjadi. Dikarenakan kurang mahirnya masyarakat di dalam penguasaan konsep pemecahan masalah matematika pada aritmatika sosial membuat kejadian ini sangat rentan akan terjadi. Terlebih anak-anak yang ikut serta melakukan perdagangan. Untuk itu peneliti melakukan penelitian di desa Suruh Tembawang dengan tujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III di SDN No.05 Suruh Tembawang. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian survei dengan jenis penelitian survei catatan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari keempat tahapan kemampuan pemecahan masalah menurut teori Polya, terdapat dua tahap yang muncul didalam pemecahan masalah yang dilakukannya. Tahapan tersebut adalah tahap memahami dan tahap melaksanakan rancangan solusi dari masalah yang disajikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfa Beta.

Fatimah, F. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama.

Maftuh, M.Sukron. 2018. “Profil Siswa SMA dalam Memecahkan Maslah Statistika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika†dalam jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Tahun ke 4 No.01, Juni 2018 (Terakreditasi). Jakarta: Universitas Muhammadiah Jakarta.

Roebyanto, G., dan Harmini, S. 2017. Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-11-12

How to Cite

rahmawati, puji, & Apsari, N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.905