PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KETAPANG

Authors

  • Utami Setyahandani SMA N 2 Ketapang, Kalimantan Barat
  • Handy Darmawan Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak
  • Matsun Matsun Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.921

Keywords:

Media Pembelajaran, Android, Respon Siswa, Gelombang Cahaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan serta kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Android menurut ahli materi dan kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Android menurut ahli media,. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) berupa produk media pembelajaran fisika berbasis Android pada materi gelombang cahaya. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE. Model ADDIE yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan yang terdiri dari analisis (analysis), rancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian bahwa; 1) Kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Android dapat dilihat dari hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 85% dengan kriteria sangat layak; 2) Kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Android dapat dilihat dari hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 86% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, media pembelajaran fisika berbasis Android pada materi gelombang cahaya yang dikembangkan di anggap layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Matsun, Dochi Ramadhani dan Isnania Lestari.(2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 9 No. 1 Januari 2018: 99-107.

Rusman, Deni Kurniawan dan Riyana.(2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raya Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tegeh, Made., I Nyoman Jampel dan Ketut Pudjawan. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

Setyahandani, U., Darmawan, H., & Matsun, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KETAPANG. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.921