ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TEKANAN DI KELAS VIII MTS. AL-HUSNA KOTA PONTIANAK

Shyntia Eka Putri, Muhamad Firdaus, Lia Angraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui profil kesalahan konsep siswa dalam menyelesaikan soal pada materi tekanan di kelas VIII Mts. Al-Husna Kota Pontianak. (2) Untuk mengetahui profil kesalahan sistematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi tekanan di kelas VIII Mts. Al-Husna Kota Pontianak. (3) Untuk mengetahui profil kesalahan matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi tekanan di kelas VIII Mts. Al-Husna Kota Pontianak. (4) Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan konsep, kesalahan sistematis dan kesalahan matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi tekanan di kelas VIII Mts. Al-Husna Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriftip kualitatif terhadap siswa kelas VIII Mts. AL-Husna Kota Pontianak yang terdiri dari 19 siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes dan wawancara. Pemilihan subjek wawancara dengan cara dipilih dua siswa yang paling banyak melakukan kesalahan konsep,dua siswa yang paling banyak melakukan kesalahan sistematis, dua siswa yang paling banyak melakukan kesalahan matematis dan dua siswa yang paling banyak melakukan kesalahan konsep, kesalahan sitematis dan kesalahan matematis. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan analisis data dan pembahasan kesimpulan: (1) Profil kesalahan konsep yaitu: (a) salah dalam mendefinisikan sebesar 28,17%, (b) salah dalam memahami gambar sebesar 28,25%, (c) salah dalam merubah satuan sebesar 34,33%, (d) salah dalam menuliskan simbol sebesar 19% dan (e) salah dalam menuliskan rumus sebesar 31%. (2) Profil kesalahan sistematis yaitu: (a) salah menuliskan apa yang diketahui sebesar 26% dan (b) salah menuliskan apa yang ditanya sebesar 20,67%. (3) Profil kesalahan matematis yaitu: (a) salah dalam perkalian sebesar 22,33% dan (b) salah dalam pembagian sebesar 38,33%. (4) Faktor penyebab terjadinya kesalahan konsep yaitu: (a) siswa tidak memahami materi yang disampaikan guru sebesar 37%, (b) siswa tidak mempelajari kembali materi yang belum dipahaminya sebesar 62%, (c) siswa tidak berani bertanya kepada guru apabila belum memahami materi sebesar 50%, (d) siswa hanya belajar dari buku catatan yang belum lengkap sebesar 50% dan (e) kesiapan siswa yang kurang maksimal sebesar 37%. (5) Faktor penyebab terjadinya kesalahan sistematis yaitu: (a) siswa lupa akan rumus tekanan sebesar 62%. (6) Faktor penyebab terjadinya kesalahan matematis yaitu: (a) siswa tidak teliti dalam melakukan perhitungan sebesar 62%, (b) siswa tidak tahu operasi perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan sebesar 37% dan (c) kurangnya kemampuan dasar matematika siswa sehingga siswa kesulitan dalam melakukan operasi perhitungan sebesar 50%.


Keywords


Analisis Kesalahan; Menyelesaikan soal; Materi Tekanan

Full Text:

PDF

References


V. DAFTAR PUSTAKA

Hastuti, I, Dkk. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Kalor Pada Siswa Kelas X SMA. [Online]. Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/1872.%20Tanggal%2012%20Desember%202014.

Djarod, I. F, Dkk. (2015). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Termodinamika Pada Siswa Kelas IX SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan. Vol.6, No.1, pp.306-312.

Wahyuni, S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Berdasarkan Gender Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Skripsi Pada IKIP PGRIPontianak:Tidak Dipublikasikan.

Suroso. (2016). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-Soal Fisika Termodinamika Pada Siswa SMA Negeri 1 Magetan”. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains. Vol.4, No.1, pp.8-17.

Rufaida, A. S, Dkk (2012). “Profil Kesalahan Siswa Dalam Pengerjaan Soal Pada Materi Momentum Dan Implus”. Jurnal Pendidikan. Vol.3, No.2, pp.137-147.

Hartati, S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada MateriVektor Di Kelas X SMA Koperasi Pontianak. Skripsi Pada IKIP-PGRI Pontianak: Tidak Dipublikasikan.

Sahriah, S. (2012). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Terdapat pada: http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail article/1/31/408.

Sudrajat & Subana, M. (2009). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats