Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash terhadap Aktivitas Siswa pada Materi Tekanan di SMP Negeri 1 Suhaid

Wahyu Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash terhadap aktivitas siswa pada materi tekanan untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suhaid. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Suhaid yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dipilih secaracluster random  sampling dan diperoleh siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil persentase aktivitas setiap individu 95%-100% dengan kriteria sangat baik. Besar pengaruh dengan nilai 1,19 tergolong tinggi menggunakan analisis effect size (ES). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII pada materi Tekanan di SMP Negeri 1 Suhaid.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Mhammad. (2017). Penerapan Model Pembelajaran COC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SDI Sunan Drajat Tutur Kabupaten Pasuruan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). 1(1): 47-53.

Nur, Muhammad Irwan; Salam, Moh.; Hasnawa. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbred HeadTogether(NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 4(1): 99-112.

Sahara, Latifa dan Sani, Ridwan Abdullah. Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Limapuluh. Jurnal Inafi. 4(2).

Cahyo, Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Widyastuti, S. H dan Nurhidayati. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jawa. Diktat Mata Kuliah Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Cooperstein, Susan E. (2004). Beyond ActiveLearning:A Constructivist Approach.Reference Services Review. Volume32 – Number 2; 2004. 141-148.Emerald Group Publishing Limited.ISSN 0090-7324.

Centaury Frederikus. (2014). Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VI SDN 27.Jurusan Pendidikan Dasar FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Istiana, dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2): 65-73.

Winarni, dkk. (2016).Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Oral Activities Siswa SMA. Jurnal Bioeduksi, 9(2): 55-61.




DOI: https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: jpsa.ikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats