PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 BOYAN TANJUNG

Rupika Rupika, Handy Darmawan

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat Dan Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Negeri 1 Boyan Tanjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian factorial design dan rancangan penelitian desain faktorial . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyan Tanjung yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XA dan XB SMA Negeri 1 Boyan Tanjung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran data dengan tes essay. Berdasarkan uji prasyarat anava dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas belajar kategori tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji prasyarat anava dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Sains Teknologi Masyarakat dan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Model Sains Teknologi Masyarakat; Model Problem Based Learning; Aktivitas Belajar; Materi Listrik Dinamis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Poedjiadi, Ana. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Istiqharah, Aan. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Berbasis Media Macromedia Flash Pada Materi Listrik Statis di Kelas XII SMK PGRI Pontianak. Skripsi Pendidikan Fisika IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.

Susila, Melinda. (2014). Komparasi Pembelajaran Kontekstual dan Kooperatif Tipe Student Acievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar pada Materi Segitiga Ditinjau dari Aktivita Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ketapang. Skripsi Pendidikan Matematika IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.

Putra, Sitiatava Rizema. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.919

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats