PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 BOYAN TANJUNG
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.919Keywords:
Model Sains Teknologi Masyarakat, Model Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Materi Listrik DinamisAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat Dan Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Negeri 1 Boyan Tanjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian factorial design dan rancangan penelitian desain faktorial . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyan Tanjung yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XA dan XB SMA Negeri 1 Boyan Tanjung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran data dengan tes essay. Berdasarkan uji prasyarat anava dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas belajar kategori tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji prasyarat anava dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Sains Teknologi Masyarakat dan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Poedjiadi, Ana. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Istiqharah, Aan. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Berbasis Media Macromedia Flash Pada Materi Listrik Statis di Kelas XII SMK PGRI Pontianak. Skripsi Pendidikan Fisika IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Susila, Melinda. (2014). Komparasi Pembelajaran Kontekstual dan Kooperatif Tipe Student Acievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar pada Materi Segitiga Ditinjau dari Aktivita Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ketapang. Skripsi Pendidikan Matematika IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Putra, Sitiatava Rizema. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.