Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Teluk Keramat pada Materi Kalor dan Perpindahannya

Sahdan Sahdan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran conceptual understanding procedures(CUPs), hasil belajar siswa yang diterapkan pembelajaran secara konvensional, dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran CUPs lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diterapkan pembelajaran secara konvensional pada materi kalor dan perpindahannya. Bentuk dari penelitian ini adalah quasy experiment. Sedangkan rancangan penelitiannya adalah posttest only control group design. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik tes dan alat pengumpul data adalah lembar tes berbentuk essay. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X A sampai X E, sampel penelitian adalah kelas X A dan X B. Teknik analisis data menggunakan uji t pihak kiri. Hasil penelitian didapatkan, rata-rata nilai posttest siswa yang diterapkan pembelajaran dengan model CUPs adalah 71,68 tergolong baik, dan siswa yang diterapkan pembelajaran secara konvensional didapatkan rata-rata nilai posttest 68,80 tergolong cukup. Hasil uji t, didapatkan thitung = 7,0688 dan ttabel pada taraf signifinasi 5% = 1,991254. Kriteria uji, apabila thitung> - ttabel, maka H0 diterima. Dapat ditarik kesimpulan, hasil belajar siswa yang diterapkan pembelajaran dengan model CUPs lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diterapkan pembelajaran secara konvensioanl pada materi kalor dan perpindahannya.

Keywords


Conceptual Understanding Procedures (CUPs); Hasil belajar; Kalor dan Perpindahannya

Full Text:

PDF

References


Cakir, Mustafa. (2008). Constructivist Approaches to Learning in Science Their Implication for Science Pedagogy: A Literature Review. International Journal of Environmental & Science Education, 3 (4): 193-206.

Gunstone, Dick., McKittrick, Brian., & Milhall, Pam. 2009. CUP - A Procedure for Developing Conceptual Understanding. Prosiding PEEL Conference.Australia: Monash University.

Ismawati, Fera. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Proceddures untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia p-ISSN: 1693-1246.

Hidayati, Faury & Sinulingga, Karya. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai T.P 2014/2015. Jurnal Inpafi Volume 3 Nomor 4 Nopember 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.923

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats