EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI UNTUK MEREMEDIASI KESALAHAN SISWA PADA MATERI TUMBUKAN DI KELAS XI IPA SMA KRISTEN ABDI WACANA PONTIANAK

Authors

  • Selly Maranthika Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak
  • Eti Sukadi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.924

Keywords:

Remediasi Kesalahan Siswa, Metode Demonstrasi, Tumbukan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi untuk meremediasi kesalahan siswa pada materi tumbukan di kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Secara khusus penelitian ini di rumuskan kedalam sub-sub masalah sebagai berikut:1. Besar persentase proporsi penurunan kesalahan siswa sesudah di remediasi menggunakan metode demonstrasi pada materi tumbukan  di kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak.2. Besar effect size metode demonstrasi untuk meremediasi kesalahan siswa pada materi tumbukan  di kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang jumlah 24 siswa,dimana pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Alat pengumpul data berupa tes essai yang terdiri dari 10 soal. Berdasarkan hasil pengolahan data, secara umum dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Metode Demonstrasi Untuk Meremediasi Kesalahan Siswa Pada Materi Tumbukan di Kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak efektif karena: 1. Besar persentase proporsi penurunan jumlah kesalahan siswa setelah diremediasi menggunakan metode demonstrasi pada materi tumbukan di kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak dengan nilai rata-rata persentase proporsi penurunan jumlah kesalahan tiap siswa yaitu 63% selanjutnya nilai rata-rata persentase proporsi penurunan jumlah siswa yang mengalami kesalahan tiap indikator soal yaitu 75%. 2. Besar effect size metode demonstrasi untuk meremediasi kesalahan siswa pada materi tumbukan di kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak yaitu 1,92 dengan kriteria tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Agustin, dkk. 2016.

Kelasahan Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Momentum –Impuls. Jurnal Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang, jurnal fisika FMIPA UNM. vol. 1, 2016, ISBN: 978-602-9286-21-2

Aunurrahman. 2012. belajar dan pembelajaran. Bandung : Alfabeta Azhar. 2012. Pengertian dan seluk beluk sains. [ONLINE]. Tersedia : http//pusatbahasaalzhar.wordpress.com[ 9 agustus 2017].

Ngalimun . 2016. strategi dan model pembelajaran. Yogjakarta: Aswaja Pressido Nurhayati, Syarifah, Mutmainnah. 2014. Putri. Edy, Syukran. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hukum Newton di SMP.Jurnal FKIF UNTAN

Supianto. 2015. Remediasi Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas X SMA Negeri 1 Balai Berkuak Kabupaten Ketapang. Skripsi IKIP- PGRI Pontianak: tidak diterbikan

Sugiyono. 2015 Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sri Rezeki, Stepanus, Syukran. .2017. remediasi miskonsepsi siswa menggunakan metode demonstrasi disertai Booklet Di SMP. Jurnal FKIP UNTAN

Widyaningsih.s 2012. Defenisi ilmu pengetahuan alam (IPA). [Online]. http://sriwahyuwidyaningsih.blogspot.c om [5 agustus 2017]

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

Maranthika, S., & Sukadi, E. (2018). EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI UNTUK MEREMEDIASI KESALAHAN SISWA PADA MATERI TUMBUKAN DI KELAS XI IPA SMA KRISTEN ABDI WACANA PONTIANAK. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 1(1), 56–60. https://doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.924