Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Tayangan “Jejak Anak Negeri” dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar di SMP

Authors

  • Putri Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Roni Nugraha Syafroni Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4153

Keywords:

tindak tutur direktif, tayangan “jejak anak negeri”, youtube, bahan ajar

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif, strategi tindak tutur direktif, dan diimplikasikan sebagai bahan ajar berupa diktat teks prosedur di kelas VII. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil analisis yang ditemukan, terdapat 86 data tuturan, yakni bentuk tindak tutur perintah berjumlah 38 data, permintaan berjumlah 4 data, ajakan berjumlah 12 data, larangan berjumlah 12 data, nasihat berjumlah 19 data, dan kritikan berjumlah 1 data, sedangkan strategi tindak tutur direktif langsung berjumlah 79 data dan strategi tindak tutur direktif tidak langsung berjumlah 7 data. Hasil analisis tersebut membuktikan bahwa tindak tutur direktif perintah yang paling dominan dan dapat diimplikaiskan sebagai bahan ajar teks prosedur.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-27

How to Cite

Lestari, P., Pratiwi, W. D., & Syafroni, R. N. (2022). Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Tayangan “Jejak Anak Negeri” dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 346–360. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4153