Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Tayangan “Jejak Anak Negeri” dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar di SMP

Putri Lestari, Wienike Dinar Pratiwi, Roni Nugraha Syafroni

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif, strategi tindak tutur direktif, dan diimplikasikan sebagai bahan ajar berupa diktat teks prosedur di kelas VII. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil analisis yang ditemukan, terdapat 86 data tuturan, yakni bentuk tindak tutur perintah berjumlah 38 data, permintaan berjumlah 4 data, ajakan berjumlah 12 data, larangan berjumlah 12 data, nasihat berjumlah 19 data, dan kritikan berjumlah 1 data, sedangkan strategi tindak tutur direktif langsung berjumlah 79 data dan strategi tindak tutur direktif tidak langsung berjumlah 7 data. Hasil analisis tersebut membuktikan bahwa tindak tutur direktif perintah yang paling dominan dan dapat diimplikaiskan sebagai bahan ajar teks prosedur.


Keywords


tindak tutur direktif; tayangan “jejak anak negeri”; youtube; bahan ajar



DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Lestari, Wienike Dinar Pratiwi, Roni Nugraha Syafroni



Map:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License