ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS MAHASISWA DALAM MENULIS PARAGRAF MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Citra Kusumaningsih, Diah Astriyanti, Yulia Ramadhiyanti 1,2,3) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak - 78116, Telepon (0561) 748219 Fax. (0561) 6589855

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v6i1.417

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menulis sebuah paragraf bahasa Inggris dan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang umumnya banyak dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang ditemukan adalah: (1) kategori sintaksis dan strategi permukaan, berupa kesalahan pada noun phrase, verb phrase, transformation, dan miscellanous. Kemudian pada kategori permukaan, jenis-jenis kesalahan yang ditemukan adalah kesalahan penghilangan, penambahan, kesalahan bentuk, kesalahan urutan, dan pensubtitusian. Kesalahan sintaksis yang paling dominan pada tulisan mahasiswa adalah kesalahan pada noun phrase; dan (2) pada kategori taksonomi komunikatif, tidak terdapat kesalahan yang menyeluruh, hanya ditemukan sedikit kesalahan saja, artinya walaupun dalam frase atau kalimat tersebut terdapat kesalahan sintaksis, pesan yang disampaikan masih bisa dimengerti oleh pembaca.

Kata Kunci: kesalahan sintaksis, menulis paragraf, bahasa Inggris.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-15

How to Cite

Yulia Ramadhiyanti, C. K. D. A. (2017). ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS MAHASISWA DALAM MENULIS PARAGRAF MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(1), 130–143. https://doi.org/10.31571/bahasa.v6i1.417