Analisis Kesulitan Keterampilan Bahasa Inggris Peserta Kejar Paket C di Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)

Authors

  • Dian Shinta Sari IKIP PGRI PONTIANAK
  • Desi Sri Astuti
  • Yulia Ramadhiyanti

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4914

Keywords:

kesulitan, keterampilan, bahasa Inggris

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan Bahasa Inggris siswa yang mengalami kesulitan dalam Bahasa Inggris, faktor - faktor penyebab kesulitan tersebut dan bagaimana cara mengatasi kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, komunikasi langasung dan tak langsung.  Alat pengumpulan data menggunakan angket, wancancara dan observasi. Penelitian ini melibatkan 1 guru dan 17 siswa. Untuk menganalisis data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mennyatakan keterampilan Bahasa Inggris yang sulit dipelajari oleh siswa mulai dari tingkat paling sulit meliputi; Listening (38%), Speaking (28%), Writing  (18%), dan Reading (16%). Faktor penyebab kesulitan ini, terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya minat dan sikap belajar siswa, intelegensi siswa, metode dan strategi guru, motivasi belajar siswa dan kesehatan siswa; faktor eksternal meliputi metode dan strategi belajar guru, lingkungan keluarga siswa dan sarana prasarana sekolah yg tidak mendukung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dengan memahami metode dan jenis pembelajaran siswa, mengembangkan motivasi siswa, melakukan evaluasi secara berkala serta  melakukan pengayaaan dan remedial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Additional Files

Published

2023-02-22

How to Cite

Sari, D. S., Astuti, D. S., & Ramadhiyanti, Y. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Bahasa Inggris Peserta Kejar Paket C di Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 468–477. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4914