Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi

Fitri Nur Indah Sari, Yudi Darma, Ivan Eldes Dafrita

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Kevalidan media pembelajaran PowerPoint integrasi GeoGebra yang dihasilkan; (2) Keefektifan media pembelajaran PowerPoint integrasi GeoGebra yang dihasilkan; dan (3) Kepraktisan media pembelajaran PowerPoint integrasi GeoGebra yang dihasilkan.Metode penelitian menggunakan research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ASSURE. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK PGRI Pontianak. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon siswa, dan tes kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh skor rata-rata kevalidan materi 113 dengan kategori sangat baik, skor rata-rata kevalidan media 84,67 dengan kategori sangat baik, kepraktisan 77,92% dengan kategoripraktis, dan keefektifan 78,26% dengan kategori efektif. Disimpulkan bahwa media pembelajaran PowerPoint integrasi GeoGebra yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dalam materi refleksi pada siswa kelas XI SMK PGRI Pontianak.

Abstract

This research aimed to know: (1) Validity of GeoGebra integration PowerPointlearning media(2) Effectiveness of GeoGebra integration PowerPoint learningmediaand (3) Practicality of GeoGebra integration PowerPoint learning media.This research useresearch and development methodThe development model used the ASSURE. The subject of this research was student class XI in SMK PGRIPontianakThe tools of data collection were the validation sheet of material experts, media experts, student responsequestionnairesand mathematical representation ability testData analysis technique used descriptive quantitative.The result of this research showed that the average score of material validitywas 113 with very good category, the average score of media validity was84.67 with very good category, the practicality was 77,92% with practical category, and theeffectiveness was 78,26% with effective categoryIt can be concluded thatGeoGebra integration PowerPoint learning media developed that was feasibleto used to improve the ability of mathematical representation in reflection materials in students of class XI SMK PGRI Pontianak.

Keywords


media pembelajaran;PowerPoint integrasi GeoGebra; representasi; learning media; PowerPoint integration GeoGebra; representation

Full Text:

Download PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fitri Nur Indah Sari, Yudi Darma, Ivan Eldes Dafrita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING

 JournalStories Main Logo



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License