Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Mesterianti Hartati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Mai Yuliastri Simarmata Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Selly Firtawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1083

Keywords:

keterampilan menulis, teks berita, tipe think talk write, writing skills, news text, type think talk write

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi secara jelas dan objektif mengenai peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan penerapan model cooperative learning tipe think talk write pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian
menggunakan metode tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Untuk
objek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu yang jumlahnya 24 orang dan 1 orang guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi langsung, komunikasi langsung, pengukuran, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian diketahui bahwa dalam proses pembelajaran menjadi lebih aktif dari sebelum penerapan model, sementara dari hasil pembelajaran terdapat peningkatan dari sebelum menggunakan model Think Talk Write hingga sesudah menggunakannya. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase pembelajaran dengan ketercapaian indikator kinerja pada saat pra siklus yaitu 29,17% menjadi 91,67% di siklus 2, terlihat peningkatan tersebut hingga 62,5%.

 

Abstract

This study aimed at finding out and getting information clearly and objectively
about improving news text writing skills by applying the model of cooperative
learning think talk write at the class VIII Suhaid 1 Junior High School 1 Kapuas
Hulu District. The study used action methods, with a form of classroom action
research. For the object of research was students of class VIII A of SMP Negeri 1
Suhaid in Kapuas Hulu Regency which consisted of 24 students and 1 teacher. Data collection techniques used in this study was direct observation, direct
communication, measurement, and documentary study. Data analysis technique
used in this study was classroom action research with comparative descriptive
statistical technique. The results of this study showed that the learning process
becomes more active than before the application of a model, moreover, from the
learning outcomes there was an increase of up to 62% from the results of writing pre-cycle news text to the second cycle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, dkk. 2009. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barus, S. W. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.

Chaer, A. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Utama.

Haryati, N. 2018. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Think Talk Write bagi Siswa Kelas VIII A SMP Murni 1 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan Konvergensi, 24(5).

Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Slamet , Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Trianto. 2003. Model-Model Pembelajaran Inovatif BerorientasiKonstruktivistik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Wijana, I. D. P. & Rohmadi, M. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pressindo.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Hartati, M., Simarmata, M. Y., & Firtawati, S. (2019). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 98–111. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1083

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)