Pengembangan Soft Skills dalam Kurikulum untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Sri Siswati Administrasi Kebijakan Kesehatan, Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240

Keywords:

soft skills, kurikulum, Revolution Industri 4.0, curriculum, Industrial Revolution 4.0

Abstract

Abstrak

Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan persaingan yang kompetitif dan informasi yang pesat pada semua sektor, termasuk Sumber Daya Manusianya. Indonesia dituntut memiliki daya saing yang kuat agar mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara lain. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan era revolusi industri 4.0 wajib diimbangi dengan kurikulum pendidikan yang menunjang sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kompetensi dan mampu bersaing. Kajian artikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan yang harus dimiliki para generasi muda dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0. Artikel ini dibuat berdsarkan kajian kurikulum yang ada saat ini, dan kebutuhan kompetensi sumber daya manusia dengan peningkatan kemampuan pendidikan berkarakter. Dari kajian ini diperoleh bahwa di zaman era Revolusi Industri, diperlukan kemampuan problem solving yang baik, pintar berkomunikasi dan melobi, mempunyai soft skills serta penyesuaian diri., Proses pembelajaran dititikberatkan pada soft skills. Program Student Center Learning diimplementasikan  dalam akhlak, moral, etik, serta inovasi pengetahuan secara terus menerus.

 

Abstract

The industrial revolution 4.0 was marked by intense competition and rapid information flow in all sectors, including its Human Resources. Indonesia is demanded to have strong competitiveness to be able to align itself with other countries. The progress of Information and Communication Technology and the era of the industrial revolution 4.0 must be balanced with supporting educational curricula to produce Human Resources (HR) who have the competence and can compete. The review of this article aims to determine the abilities that young people must possess to face the industrial revolution 4.0. This article is based on the current curriculum study, and the need for competency in human resources by increasing the ability of character education. From this study, it was found that in the era of the Industrial Revolution, good problem-solving skills, good communication, and lobbying skills, soft skills and adaptation was needed. The learning process focused on soft skills. The Student Center Learning Program is implemented in character, morals, ethics, and continuous knowledge innovation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, H. 2018. Hadapi Revolusi Industri 4.0, Mendikbud akan Rancang Ulang Kurikulum dalam https://www.merdeka.com/peristiwa/hadapi-revolusi-industri-40-mendikbud-akan-rancang-ulang-kurikulum.html Diakses 5 Maret 2019.

Kusumah, W. 2019. Menyiapkan Guru dan Dosen di Era Revolusi Industri 4.0 dalam https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5dd36340d541df29bf6153 c2/menyiapkan-guru-dan-dosen-di-era-revolusi-induatri-4-0 Diakses 30 November 2019.

Levy, F. & Murnane, R. J. 2004. The New Division of Labor. Princeton: Princeton University Press.

Lucas, S. 2015. The Art of Public Speaking dalam https://www.mheducation. com/highered/product/art Diakses 30 November 2019.

Malingkas, J. 2019. Membangun Etos Kerja dalam Era Revolusi Industri 4.0 dalam https://www.kompasiana.com/johanisalbertmalingkaspacaran/ 5dc9115bd541df66b54869a2/membangun-etos-kerja-dalam-era-revolusi-industri-4-0 Diakses 30 November 2019.

Nofrion. 2018. Pentingnya Public Speaking bagi Dosen, Guru, dan Mahasiswa. https://www.researchgate.net/publication/328515194 Diakses 18 Oktober 2019.

Rosmiaty, A. 2018. Implementasi Pengembangan Kurikulum. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Alauddin Makassar.

Rusydan. 2012. Mengintegrasikan Soft Skills dalam Pembelajaran Interaktif dalam https://adoc.tips/rusydan-dosen-fkip-unisla-lamonggan.html Diakses 6 Maret 2019.

Tosepu, Y. A. 2019. Skills yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0 dalam https://www.academia.edu/38123187/SKILLS_yang_ Harus_Dimiliki_Lulusan_Perguruan_Tinggi_di_Era_Industri_4.0 Diakses 5 Maret 2019.

Trilling, B. & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills Learning for Life in Our Times. San Francisco: CA John Wiley & Sons.

Universitas Islam Indonesia. 2018. Hadapi Revolusi Industri 4.0 Perlu Penyesuaian Kurikulum dalam https://www.uii.ac.id/perlu-penyesuaian-kurikulum-hadapi-revolusi-industri-4-0/ Diakses 6 Maret 2019.

Universitas Prasetiya Mulya. 2019. Metode Pembelajaran Pendidikan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam http://pmbs.ac.id/news/Metode_ Pembelajaran_Pendidikan_Dalam_Menghadapi_Revolusi_Industri_4.0 Diakses 30 November 2019.

Wafi, A. Y. 2019. Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Revolusi Industri 4.0 dalam https://www.kompasiana.com/wafiahmad/5dce6752d541df3e090b6772/mengenal-lebih-dalam-apa-itu-revolusi-industri-4-0 Diakses 30 November 2019.

Wagner, T. 2008. The Global Achievment Gap (The Survival Skills for 21 Century). USA: World Press.

WE Online. 2019. Agar Tak Ketinggalan Zaman Kurikulum Industri 4.0 Wajib Diterapkan dalam https://www.wartaekonomi.co.id/read/agar-tak-ketinggalan-zaman-kurikulum-industri-40-wajib-diterapkan.html Diakses 6 Maret 2019.

Wongso, J. 2019. “Senjata†Indonesia dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam https://www.kompasiana.com/jonathanwongso2230/5dd1426bd541 df15a87c8e83/senjata-indonesia-dalam-menghadapi-revolusi-industri-4-0 Diakses 30 November 2019.

Yahya, M. 2018. Era Industri 4.0: Perubahan Dunia dan Urgensi Keterampilan Berkomunikasi/Public Speaking: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Makassar: Universitas Negeri Makasar.

Downloads

Published

2019-12-26

How to Cite

Siswati, S. (2019). Pengembangan Soft Skills dalam Kurikulum untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 264–273. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240

Issue

Section

Systematic Review Article (Artikel Kajian)