Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Niat Mahasiswa untuk Berwirausaha

Authors

  • Popi Fauziati Program Studi Akuntansi, Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatra Barat
  • Karmila Suryani Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1682

Keywords:

lingkungan keluarga, niat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan, family environment, entrepreneurial intentions, entrepreneurship education

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian untuk membuktikan pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap niat mahasiswa untuk berwirausaha di Universitas Bung Hatta, Padang. Metode penelitian adalah metode kuantitatif yang didasarkan pada filsafat positivisme untuk menggambarkan dan menguji hipotesis penelitian. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif yang terdaftar tahun 2019 di Universitas Bung Hatta dan metode penyampelan yang dilakukan adalah purposive sampling.  Data penelitian  dikumpulkan menggunakan  google form dan jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian  sebanyak 140 orang mahasiswa. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap niat berwirausaha.

 

Abstract

The purpose of this research was to prove the effect of entrepreneurship education and family environment on students' intention to become entrepreneurs at Bung Hatta University, Padang. The research method was a quantitative based on the philosophy of positivism to describe and test research hypotheses. The research population was active students enrolled in 2019 at Bung Hatta University and the sampling method used purposive sampling. Research data were collected using Google Form and the number of respondents who participated in the study were 140 students. Proof of hypothesis is carried out by multiple regression. The results showed that entrepreneurship education and family environment influence entrepreneurial intentions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, A. 2016. Analisis Penyebab Tingginya Pengangguran Sarjana di Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue. Aceh: Universitas Teuku Umar. Skripsi tidak diterbitkan.

Anggles, S. N. & Memarista, G. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa untuk Berwirausaha. Agora, 5(1): 1-8.

Basrowi. 2014. Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Badan Pusat Statistik. 2019. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Sumatera Barat sebesar 5,33 persen dalam https://sumbar.bps.go.id/pressrealease/

/11/05/744/agustus-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--di-sumatera-barat-sebesar-5-33-persen.html. Diakses 24 April 2020.

Chandra, R. A. & Budiono, H. 2019. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha yang Dimediasi Efikasi Diri Mahasiswa Manajemen. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(4): 645-655.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21 (7th Ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Haqq, I., Hasby, M., Sebayang, Frida, A., & Haviz, M. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Entrepreneur (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung. Prosiding Ilmu Ekonomi, 4(2): 142-149.

Kementerian Perdagangan. 2018. Pengembangan Wirausaha RI Tertinggal dari Malaysia dan Thailand dalam :https:////www,liputan6.com/bisnis/read/

/pengembangan-wirausaha-ri-tertinggal-dari-malaysia-dan- Thailand. Diakses 22 April 2020.

Khoeriyah, Y., Muamar, A., & Bakhri, S. 2019. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Keluarga terhadap Minat Wirausaha Darut-Tauhid Al-

Ishlah Cirebon. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 4(1): 327-336.

Khoir, M. F., Nosita, F., & Asruni. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis (JIEB), 5(3): 255-262.

Komara, E. 2014. Strategi Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Enterpreneurial Campus. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2): 255-262

Laine, L., Tynjälä, P., Eteläpelto, A., & Hämäläinen, R. 2019. Students’ Self-Reported Learning Outcomes after a Business Start-Up Education Program. International Journal of Training Research, 17(2): 98-115.

Prasetyo, E. 2019. Evaluasi Peran Pendidikan Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2): 172-182.

Ratnasari, E., Hakim, A., & Hayat, A. 2013. Implementasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dalam Mewujudkan Mahasiswa Enterpreneur (Studi pada Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP),1(6): 1276-1285.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti, L. & Sirine, H. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) (Studi terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(2): 124-134.

Utami, S. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang). Semarang: UIN Walisongo. Skripsi tidak diterbitkan.

Zimmerer, W. T. 2002. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Third Edition. New York: Prentice-Hall.

Downloads

Published

2020-06-08

How to Cite

Fauziati, P., & Suryani, K. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Niat Mahasiswa untuk Berwirausaha. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 76–85. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1682

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)