Kontribusi Pembelajaran Guided Discovery Learning dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Praktik Hidrolika

Authors

  • Melda Fajra Teknik Sipil, Universitas Ekasakti Padang, Padang, Sumatra Barat
  • Ishak Ishak Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Padang, Sumatra Barat
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat
  • Ambiyar Ambiyar Pendidikan Teknik dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1848

Keywords:

guided discovery learning, locus of control, hasil belajar, learning outcomes

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian untuk menguji kontribusi pembelajaran dengan pendekatan guided discovery learning dan locus of control terhadap hasil belajar Praktik Hidrolika. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan deskriptif korelasional. Populasi penelitian yaitu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktik Hidrolika sebanyak 137 orang di Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti Padang. Sampel penelitan sebanyak 78 orang yang dipilih menggunakan simple random sampling. Alat pengumpul data menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  pembelajaran dengan pendekatan guided discovery learning berkontribusi signifikan terhadap hasil belajar Praktik Hidrolika; pembelajaran dengan pendekatan locus of control berkontribusi signifikan terhadap hasil belajar Praktik Hidrolika; dan pembelajaran dengan pendekatan guided discovery learning dan locus of control secara bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap hasil belajar Praktik Hidrolika.

 

Abstract

The purpose of the research was to examine the contribution of learning with guided discovery learning and locus of control on learning outcomes for Hydraulic Practice. The research used quantitative methods with correlational descriptive. The research population was 137 students who took the Hydraulics Practice course in the Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Planning of Ekasakti University Padang. The research sample was 78 people who were selected using simple random sampling. Data collection tools used questionnaires and documentation of student learning outcomes. Data were analyzed using inferential statistics with multiple regression. The results showed that: the learning process with the guided discovery learning approach contributed significantly to the learning outcomes of Hydraulic Practice; the learning process with a locus of control approach contributes significantly to learning outcomes in Hydraulics Practice; and learning process with the guided discovery learning and locus of control as in aggregate significantly contribute to the learning outcomes of Hydraulic Practice.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadiyah, B. N. & Laily, N. 2013. Pengaruh Locus of Control terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2): 11-18.

Alfitami, D. & Rustiana, A. 2017. Pengaruh Locus of Control Internal, Locus of Control Eksternal, Manajemen Waktu, dan Kreativitas Mengajar terhadap Motivasi Berprestasi. Economic Education Analysis Journal, 6(3): 960-972.

Allo, A. Y. T., Jatmiko, B., & Agustini, R. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Guided Discovery Learning Menggunakan Alat Sederhana untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1): 769-778.

Ardianto, D. & Rubini, B. 2016. Comparison of Students' Scientific Literacy in Integrated Science Learning through Model of guidedd Discovery and Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1): 31-37.

Ariyani, E. 2014. Pengaruh Internal Locus of Control terhadap Kematangan Karir Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Motivasi, 2(1): 55-65.

Batubara, I. H. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2): 13-17.

Duffy, R. D. 2010. Sense of Control and Career Adaptability Among Undergraduate Students. Journal of Career Assessment, 18(4): 420-430.

Fransiska, L. Subagia, I. W., & Sarini, P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2): 68-79.

Handayani, C. F., Sunarto, W., & Sumarti, S. S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery melalui Kegiatan Praktikum pada Materi Stoikiometri Larutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1): 1840-1848.

Harianti, F. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1): 82-91.

Harimurti, F. & Astuti, D. S. P. 2016. Pengaruh Computer Anxiety terhadap Keahlian Pemakai Komputer dengan Internal Locus of Control sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 11(2): 91-99.

Hsia, J. W. & Tseng, A. H. 2015. Exploring the Relationships among Locus of Control, Work Enthusiasm, Leader-Member Exchange, Organizational Commitment, Job Involvement, and Organizational Citizenship Behavior of High-Tech Employees in Taiwan. Universal Journal of Management, 3(11): 463-469.

Iswarini, E. G. & Mutmainah, S. 2013. Pengaruh Penalaran Etis dan Faktor-Faktor Pribadi terhadap Sensitivitas Etis pada Mahasiswa Akuntansi. Diponegoro Journal of Accounting, 2(1): 299-309.

Kennedy, J., Baxter, P., & Belpaeme, T. 2015. Comparing Robot Embodiments in a Guided Discovery Learning Interaction with Children. International Journal of Social Robotics, 7(2): 293-308.

Khasanah, V. N., Usodo, B., & Subanti, S. 2018. Guided Discovery Learning in Geometry Learning. International Conference on Mathematics, Science and Education 2017 (ICMSE2017). Semarang: 18-19 September 2019. Hal: 121-126.

Kusuma, M. D. & Mustikawati, R. I. 2017. The Effect of Locus of Control, Students Perceptions of Teacher Teaching Methods and Parents Concern Toward Accounting Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(1): 98-106.

Kutanis, R. O., Mesci, M., & Ovdur, Z. 2011. The Effects of Locus of Control on Learning Performance: A Case of an Academic Organization. Journal of Economic and Sosial Studies, 1(2): 113-136.

Lestari, W. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1): 64-74.

Lyu, D. & Wang, B. 2018. Effects of the Application of Computer Network Technology to Guided Discovery Teaching on Learning Achievement and Outcome. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(7): 3269-3276.

Maggi, F. M., Mooij, A. J., & Aalst, W. M. 2011. User-Guided Discovery of Declarative Process Models. 2011 IEEE Symposium on Computational Intelligence and Data Mining (CIDM), Paris: 11-15 April 2011. Hal: 192-199.

Mayanto, A. 2020. Pengaruh Lokus Pengendalian, Efikasi Diri, dan Keterampilan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Activity (JPA), 1(2): 73-83.

Moerad, S. K. & Susilowati, E. 2016. Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Daya Air Ramah Lingkungan (Studi Kasus Air Bersih di Umbulan Pasuruan). Jurnal Sosial Humaniora, 9(1): 44-58.

Munawir, Yusuf, A. M., Effendi, Z. M., & Afdal. 2018. Internal Locus of Control and Self-Concept as Factors Affecting the Career Maturity of High School Students. International Journal of Research in Counseling and Education, 2(1): 24-32.

Munir, S. & Sajid, M. 2010. Examining Locus of Control (LOC) as a Determinant of Organizational Commitment among University Professors in Pakistan. Journal of Business Studies Quarterly, 1(3): 78-93.

Nainggolan, M. A., Kojo, C., & Sendow, G. 2018. Analisis Pengaruh Internal Locus of Control dan External Locus of Control terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA (Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntasi), 6(4): 4023-4032.

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa'adah, F. P. 2020. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2): 263-272.

Prasetyanti, D. K. 2017. Determine the Relationship between Locus of Control with Learning Outcomes in Reproductive Health Subject in the Second Semester Students of Midwifery Program Study (D. III) of Kadiri University. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 12(1): 1070-1076.

Putri, H. M. & Effendi, H. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2): 17-21.

Rotter, J. B. 1966. Generalize Dexpectancies of Internal Versus External Control of Reinforcement. American Psychological Association, 80(1):1-28.

Sari, D. P. & Dwikoranto. 2018. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Getaran Harmonik. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2): 133-138.

Septiani, Y. 2016. Pengaruh Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1): 118-128.

Setyowati, S. 2017. Analisis Pengaruh Locus of Control dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(2): 129-139.

Sinaga, A. J., Sitompul, H., & Sukirno. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Siswa Kelas XI SMA Swasta St. Thomas 2 Medan. Jurnal Pendidikan Tabularasa, 14(2): 119-128.

Subekti, Y. 2018. Pengaruh Kemampuan Numerik dan Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Karangsambung. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 31(1): 78-83.

Sugiyono. 2016. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supliyadi, Baedhoni, M. I., & Wiyanto. 2017. Penerapan Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2): 205-212.

Suripta. 2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Fisika melalui Model Guided Discovery Learning dengan Metode Praktikum Kelas XI – IPA SMAN 106 Jakarta. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1): 137-163.

Surya, B. J. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Cycle dan Locus of Control Siswa terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(1): 8-22.

Yamane, T. 1967. Elementary Sampling Theory. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Yuliani, K. & Saragih, S. 2015. The Development of Learning Devices Based Guided Discovery Model to Improve Understanding Concept and Critical Thinking Mathematically Ability of Students at Islamic Junior High School of Medan. Journal of Education and Practice, 6(24): 116-128.

Downloads

Published

2020-10-07

How to Cite

Fajra, M., Ishak, I., Ferdiansyah, F., & Ambiyar, A. (2020). Kontribusi Pembelajaran Guided Discovery Learning dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Praktik Hidrolika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 202–213. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1848

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)