Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar dalam Materi Kerusakan Lingkungan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak

Authors

  • Norsidi Norsidi Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i1.193

Keywords:

model pembelajaran picture and picture, model pembelajaran problem solving, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimanakah rata-rata
hasil belajar penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture materi kerusakan lingkungan pada mata pelajaran IPS Terpadu Geografi di kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak; 2) bagaimanakah rata-rata hasil belajar penerapan model pembelajaran kooperatif problem solving materi kerusakan lingkungan pada mata pelajaran IPS Terpadu Geografi di kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak; 3) apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture dan problem solving materi kerusakan lingkungan hidup pada mata pelajaran IPS Terpadu Geografi kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian quasi eksperimental design yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar melalui penerapan antara model pembelajaran kooperatif picture and picture dengan pembelajaran problem solving materi kerusakan lingkungan hidup pada mata
pelajaran IPS Terpadu Geografi kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini, maka secara umum dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar melalui penerapan
antara model pembelajaran kooperatif picture and picture dengan pembelajaran problem solving materi kerusakan lingkungan hidup pada mata pelajaran IPS Terpadu Geografi kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak. Secara khusus dapat disimpulkan bahwa 1) rata-rata hasil belajar siswa setelah diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif picture and picture materi kerusakan lingkungan diperoleh informasi bahwa nilai post-test kelas eksperimen sebesar 2110 dengan rata-rata 73,1. 2) rata-rata hasil belajar siswa setelah diajarkan menggunakan pembelajaran model problem solving pada materi kerusakan
lingkungan kelas kontrol sebesar 1645 dengan rata-rata nilai 60,9. 3) Hasil belajar siswa yang diberikan model picture and picture lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran model problem solving karena diperoleh Zhitung Ztabel, yaitu 3,83 > 1,64 , berarti Ho ditolak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-06-10

How to Cite

Norsidi, N. (2014). Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar dalam Materi Kerusakan Lingkungan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1), 85–93. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i1.193

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)