engaruh Penggunaan Sumber Primer dalam Pembelajaran IPS/Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Eksperimen di MTs Swasta Al-Iklas Kuala Mandor B Pontianak)

Authors

  • Emi Tipuk Lestari Pendidikan Sejarah, STKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v11i2.211

Keywords:

sumber primer, hasil belajar

Abstract

Pendidikan IPS/sejarah merupakan media pendidikan yang paling ampuh untuk memperkenalkan kepada siswa tentang sejarah bangsanya. Melalui pendidikan IPS / sejarah siswa dapat melakukan kajian mengenai apa dan mengapa, bagaimana, serta akibat apa yang timbul dari jawaban masyarakat bangsa di masa lampau tersebut terhadap tantangan yang mereka hadapi serta dampaknya bagi kehidupan pada masa sesudah peristiwa itu dan masa kini. Pendidikan IPS/ sejarah mampu mengembangkan potensi siswa untuk mengenal nilai- nilai bangsa yang terus bertahan, berubah, dan menjadi milik bangsa masa kini. Tujuan penggunaan sumber primer dalam pendidikan sejarah sangat penting terutama untuk meningkatkan ketrampilan sosial siswa, mengurangi verbalisme dan untuk menyajikan cerita sejarah yang mendekati objektif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-12-11

How to Cite

Lestari, E. T. (2013). engaruh Penggunaan Sumber Primer dalam Pembelajaran IPS/Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Eksperimen di MTs Swasta Al-Iklas Kuala Mandor B Pontianak). Edukasi: Jurnal Pendidikan, 11(2), 152–163. https://doi.org/10.31571/edukasi.v11i2.211

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)