Kemandirian dan Motivasi Belajar dalam Menggunakan Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ilham Ilahi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat
  • Fahmi Rizal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat
  • Dedy Irfan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2322

Keywords:

kemandirian belajar, motivasi belajar, hasil belajar, Edmodo, self-regulated learning, motivation to learn, learning outcomes

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian untuk membuktikan kontribusi kemandirian dan motivasi belajar dalam menggunakan Edmodo terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMK Negeri 4 Payakumbuh. Metode penelitian menggunakan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 4 Payakumbuh sebanyak 84 orang. Sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh populasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket untuk melihat kontribusi kemandirian dan motivasi belajar. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif, korelasi product moment, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menggunakan Edmodo, kemandirian belajar berkontribusi positif terhadap hasil belajar; motivasi belajar berkontribusi positif terhadap hasil belajar; kemandirian dan motivasi belajar secara simultan berkontribusi positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMK Negeri 4 Payakumbuh.

 

Abstract

The research objective was to prove the contribution of self-regulated learning and learning motivation in using Edmodo to learning outcomes in Network Infrastructure Administration subjects at SMK Negeri 4 Payakumbuh. The research method used correlational. The research population was 84 students of class XII TKJ SMK Negeri 4 Payakumbuh. The research sample used was the entire population. The research data were collected using a questionnaire instrument to see the contribution of independence and learning motivation. Analysis of research data used descriptive statistics, product moment correlation, and multiple regression. The results showed that in using Edmodo, students' self regulated learning contributed positively to learning outcomes; learning motivation contributes positively to learning outcomes; self-regulated learning and learning motivation simultaneously contribute positively to student learning outcomes in Network Infrastructure Administration subjects at SMK Negeri 4 Payakumbuh.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ilham Ilahi, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat

Teknik Komputer dan Jaringan

References

Abdullah, R., & Silalahi, J. (2019). The independence learning and learning outcomes of mathematical analysis of student at Civil Engineering Departement, Universitas Negeri Padang. Journal of Physics (ICTVT2019), 1456(2020), 1-8.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(5), 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Ananda, R. (2019). The effect of learning strategies and learning independence on learning outcomes in learning evaluation subject. International Journal of Language, Research and Education Studies (IJLRES), 3(3), 340-350.

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Ansel, M. (2020). Hubungan motivasi berprestasi dan kemandirian belajar peserta didik SDN Ende 5 Kabupaten Ende. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 75-83. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1859.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Aksara.

Arista, S. F., & Kuswanto, H. (2018). Virtual physics laboratory application based on Android smartphone to improve learning independence and conceptual understanding. International Journal of Intruction, 11(1), 1-16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1111a.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional (JTEV), 5(2), 11-16. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133.

Basri, H. (2006). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa dalam belajar. Skripsi: Universitas Negeri Sebelas Maret. Tidak dipublikasikan.

Bramantha, H. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 21-28. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.63.

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 169-178. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.294.

Depdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaran Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Darurat COVID-19. Jakarta: Depdikbud.

Fatmawati, E. (2015). Pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 40-59. http://dx.doi.org/10.31571/ saintek.v4i1.5.

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. (2020). Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar mahasiswa saat pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 828-834. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13639.

Halim, S., & Rahma. (2020). Pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102-109. http://dx.doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777.

Herpanus, Fitrianingrum, E., & Bantut, A. (2020). Hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP N 02 Tempunak. Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.734.

Hidayat, R. D., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9.

Hidayat, S., & Dediansyah, A. (2018). Hubungan motivasi dengan hasil pembelajaran Sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 65-75. http://dx.doi.org/ 10.31571/sosial.v5i1.858.

Hidayat, S., Siswandi, & Bahri, S. (2015). Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa Prodi Sejarah semester 3 IKIP PGRI Pontianak TA 2014/2015. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.21.

Jumarniati, J., & Anas, A. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 41-47. https://doi.org/10.30605/ cjpe.222019.113.

Kompri. (2016). Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koriaty, S., & Nurbani. (2015). Pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(2), 287-296. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v4i2.77.

Mastura, & Santaria, J. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289-295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293.

Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling student’s early ability. International Electronic Journal of Mathematics Education (IEJME), 12(3), 670-709.

Ningrat, P. S., Tegeh, M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-268. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.

Rahmawati, D., Kesa, D. D., Suciati, P., & Lusia, A. (2019). Karakteristik generasi digital natives dalam lingkungan digital. Studi kasus Kampung Digital Vokasi UI. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Terapan Inovasi dan Rekayasa (SNT2IR) Tahun 2019.

Ramadhani, D. (2016). Pengaruh penggunaan e-learning berbasis Edmodo terhadap kemandirian, motivasi, dan hasil belajar pada materi Sistem Gerak SMA Nasional Plus Cinta Budaya Medan. Tesis: Universitas Negeri Medan. Tidak dipublikasikan.

Riduwan. (2008). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan dan penelitian pemula. Bandung: Alfabet.

Rifqah. (2018). Meningkatkan sikap kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan media Edmodo kelas XI A Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin. Lentera: Jurnal Pendidikan, 13(2), 76-86.

Rosyidah, Kartini, T., & Kantun, S. (2018). Penggunaan media Edmodo untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 78-84. http://dx.doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10878.

Salmah, A., Relita, D. T., & Suriyanti, Y. (2020). Hubungan kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI SMAN 01 Belimbing. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 45-54. https://doi.org/10.31932/jpe.v5i1.726.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan edisi kedua. Terjemahan Tri Wibowo, B. S. Jakarta: Prenada Media Group Purwanto.

Saputra, D. H., Ismel, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Tenologi (INVOTEK), 18(1), 25-30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.

Saputri, I., Edy, S., & Midjan, M. (2020). Pengaruh motivasi dan kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri I Kebomas. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 26(2), 14-23. https://doi:10.30587/ didaktika.v26i2.1467.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528.

Silea, W. O. S. N. A. (2020). Pengaruh perhatian orang tua, kemandirian dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Negeri 14 Baubau. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 12(2), 42-46.

Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878.

Tampubolon, B. (2020). Motivasi belajar dan tingkat belajar mandiri dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 5(2), 34-41. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920.

Uno, H. B. (2007). Profesi kependidikan problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2006). Teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-05-10

How to Cite

Ilahi, I., Rizal, F., & Irfan, D. (2021). Kemandirian dan Motivasi Belajar dalam Menggunakan Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 75–89. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2322

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)