Analisis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dalam Perspektif Spasial sebagai Upaya Penjaringan Mahasiswa Baru

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2901

Keywords:

analisis mahasiswa program studi, penjaringan mahasiswa baru, perspektif spasial, analysis of study program students, new student screening, spatial perspective

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil dan menganalisis persebaran spasial mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2016-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Bentuk penelitian survei dengan responden sebanyak 196. Teknik pengambilan data menggunakan komunikasi tidak langsung, alat yang digunakan adalah angket. Data yang digunakan yaitu  nama, asal, agama, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan, dan pendapatan orang tua. Teknik pengambilan sampel dengan stratified sampling. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi paling banyak beragama Islam 95 orang; berjenis kelamin wanita 144 orang; pendidikan dari SMA Jurusan IPS 166 orang; pekerjaan orang tua petani 96 orang; penghasilan rata-rata orang tua Rp760.000,00/bulan; informasi tentang Program Studi Pendidikan Geografi paling banyak didapatkan dari saudara sebanyak 74 orang;  motivasi masuk karena berkeinginan untuk mengetahui seluk beluk bumi sebanyak 64 orang. Persebaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi menunjukkan pola distribusi yang menyebar.

 

Abstract

This research aimed to determine the profile and analyze the spatial distribution of students from the 2016-2019 Geography Education Study Program. The research method used descriptive. The form of the survey with 196 respondents. The data collection technique used indirect communication, the tool used is a questionnaire. The data used name, origin, religion, gender, last education, occupation, and parents' income. The sampling technique used stratified sampling. The data analysis technique used descriptive quantitative and percentage. The results showed that the most students of the Geography Education Study Program were 95 Muslims; female sex 144 people; education from SMA majoring in Social Sciences 166 people; the occupation of the farmer's parents were 96 people; the average income of parents was Rp.760,000.00/month; Information about the Geography Education Study Program was mostly obtained from relatives as many as 74 people; The motivation to enter was because they want to know the ins and outs of the earth 64 people. The distribution of students from the Geography Education Study Program showed a distributed distribution pattern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adil, A. (2015). Analysis Proximity Menentukan Lokasi Perkebunan di Lombok Barat. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 15(1), 7-12. https://doi.org/10.30812/matrik.v15i1.27.

Akhiri, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Kuliah di STIE Prabumulih. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 2(2), 123-132. https://doi.org/10.37385/msej.v2i2.202.

Amirsyah, S., & Cholila, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Universitas Islam Riau sebagai Tempat Belajar. Jurnal Ekonomi KIAT, 28(2), 111-130. https://doi.org/10.25299/kiat.2017.vol28(2).2899.

Bappenas. (2019a). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Jakarta: Bappenas.

Bappenas. (2019b). Visi dan Arah Pembangunan Jangka Panjang. Jakarta: Bappenas.

Christiawan, P. I. (2017). Inovasi Pendidikan Bencana Berbasis Pendekatan Spasial di Indonesia. Jurnal Media Komunikasi Geografi, 15(1), 1-18. http://dx.doi.org/10.23887/mkg.v15i1.11419.

Fadilah, N., Zulkarnain, Z., & Suwarni, N. (2018). Profil Anak di Bawah Usia Kerja yang Bekerja sebagai Penjual Koran di Simpang Pramuka. Jurnal Lampung University,1(1),1-13.

Hasami, H., & Buang, N. A. (2018). Keberkesanan Program Pembelajaran Sepanjang Hayat (PSH) terhadap Pengetahuan dan Tahap Kemahiran Pelajar Kolej Komuniti (The Effectiveness of the Lifelong Learning Programme (PSH) Towards Knowledge and Skill Levels of Students Community College). Jurnal Pendidikan Malaysia (Malaysian Journal of Education), 43(1SI), 89-106. http://dx.doi.org/10.17576/JPEN-2018-43.03-10.

Igarta, K. R. R., & Handayani, F. (2020). Analisis Spasial Sektor Pariwisata di Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 81-100. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.628.

Kusuma, R. A., & Winarno, M. E. (2018). Efektivitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(2), 135-141. http://dx.doi.org/10.17977/um040v2i2p135-141.

Putra, I. K. A. (2019). Analisis Tingkat Kepercayaan Publik terhadap STIKI Ditinjau Asal Mahasiswa Berbasis SIG. Media Komunikasi Geografi, 20(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.23887/mkg.v20i1.16747.

Rahman, M. S. K., & Partono, B. (2018). Analisis Spasial Perbandingan Jumlah Anak Usia SD dan Ruang Kelas Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.11.

Rohsulina, P., & Rahman, M. S. K. (2015). Analisis Persebaran Daerah Asal Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Sig). Geo Edukasi, 4(2), 10-18.

Ronggowulan, L. (2013). Persebaran Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011. Skripsi: Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret. Tidak dipublikasikan.

Siswati, E., & Hermawati, D. T. (2018). Analisis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 18(2), 93-114. http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v18i2.531.

Suasti, Y., & Ahyuni, A. (2016). Kecerdasan Spasial dalam Pembelajaran dan Perencanaan Pembangunan. Proseding Seminar nasional Geografi.

Suhendar, S. (2015). Penyajian Informasi Temporal Menggunakan Metode Fuzzy System pada Mesin Database Spasial. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF).

Suriansyah, A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34 (2), 234-247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828.

Suryani, W. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara Al Munawaroh Medan. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 9(1), 33-48. https://doi.org/10.21067/jem.v9i1.196.

Susandi, D. (2020). Sistem Informasi Geografis untuk Analisa Spasial Potensi Lembaga Pendidikan Keterampilan. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(2), 123-131. https://doi.org/10.30656/jsii.v7i2.2380.

Susila, A. R., & Lestari, E. P. (2016). Strategi Peningkatan Jumlah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka dengan Pendekatan Geographic Information System. Jurnal UTFEKON, 5(1), 81-106.

Wijaya, E. (2018). Strategi Perekrutan Calon Mahasiswa Baru dengan Metode Roadshow pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja Smart Fast Education Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Skylandsea, 2(2), 2012-2018.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Purwanto, A., Paiman, P., & Andrasmoro, D. (2021). Analisis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dalam Perspektif Spasial sebagai Upaya Penjaringan Mahasiswa Baru. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 174–186. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2901

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)